Minggu, 19 Mei 2024

HUT ke-77 RI, Wali Kota Ternate Jadi Irup Wawali Absen

Pengibaran bendera merah putih pada peringatan HUT ke 77 RI di Ternate | Foto : Istimewa/Kaidahmalut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate menggelar upacara bendera, dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. Upacara dilaksanakan tepat pukul 09.45 WIT bertempat di lapangan Ngaralamo, Kelurahan Soa Sio, Ternate Utara, Maluku Utara, Rabu, 17 Agustus 2022.

Peringatan HUT RI tahun ini bertemakan “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup), yakni Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, sementara yang menjadi Komandan upacara, yakni Kapten Inf Adi Prabowo dan yang membacakan naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy.

Amatan malut.kaidah.id, upacara dihadiri oleh Ketua dan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Forkopimda, Pimpinan-pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ternate, Stakeholder dan tamu undangan lainnya. Meski dihadiri para pejabat, namun Wakil Wali Kota, Jasri Usman tidak nampak menghadiri acara tersebut. Berdasarkan salah satu sumber yang diwawancara mengaku, jika Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku Utara tersebut sedang berada di luar kota.

“Beliau sedang di luar kota,” ucap sumber yang enggan disebutkan namanya.

Meski begitu, upacara bendera yang juga disaksikan ratusan warga Kota Ternate itu tetap berjalan lancar dan penuh khidmat, bahkan diakhir acara ada launching sekaligus penyerahan penghargaan Universal Health Covarega (UHC) dari BPJS Kesehatan kepada Wali Kota Ternate, ada juga penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat, launching Om Ojek Andalan, dan launching E-Katalog Lokal Kota Ternate yang merupakan terobosan Pemkot Ternate. (*)