Jumat, 24 Mei 2024

Sejumlah Motoris Speed Boat di Dufa Dufa Mogok Total, Ini Alasannya

Aksi bakar ban di pelabuhan speed boat Dufa Dufa oleh para motoris | Foto : Chanox (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Sejumlah motoris speed boat rute Ternate-Jailolo di Pelabuhan Sultan Mudaffar Sjah ll Dufa Dufa, Kota Ternate, Maluku Utara melakukan aksi mogok, Jumat, 16 Juni 2022.

Aksi tersebut dipicu, lantaran kekecewaan para motoris kecewa dengan kehadiran dua kapal cepat, di pelabuhan tersebut. Bahkan, massa aksi sempat membakar ban di depan ruang tunggu penumpang.

Koordinator Wange Mabala speed boat Pelabuhan Sultan Mudaffar Sjah ll Dufa-dufa, Sudarmin A Hirto, mengatakan aksi mogok yang dilakukan ini karena kecewa dengan dua kapal cepat yang beroperasi, dan tidak sesuai izin yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara.

“Kita ingin kedua kapal ini waktu operasinya berbeda. Satunya di Jailolo ke Ternate dan satunya lagi dari Ternate ke Jailolo. Sementara yang ada mereka beroperasi di waktu yang sama dan pelabuhan yang sama pula,” cetus Sudarmin.

Berdasarkan izin yang dikeluarkan itu satu kapal ditempatkan di Jailolo dan satunya lagi di Ternate. Dengan begitu pihak speed boat di wilayah Dufa Dufa juga bisa beroperasi, karena ada penumpang.

“Masalah ini sangat berpengaruh pada pendapatan para motoris speed boat di sini,” sesalnya.

Sudarmin menyebutkan, pihaknya meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate secepatnya mengambil tindakan, terkait kehadiran kedua kapal ini.

“Jadi untuk saat ini, kami tetap melakukan mogok total, kalau Pemkot tidak ambil langkah. Karena yang menjadi korban itu kami dari motoris speed boat,” pungkasnya.*