Jumat, 23 Februari 2024

BPBD Berikan Santunan Bagi Keluarga Korban yang Meninggal Akibat Terseret Banjir di Ternate

Kepala BPBD Ternate saat memberikan santunan kepada salah satu keluarga korban | Foto : Istimewa (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate memberikan santunan, bagi keluarga korban atas kejadian naas yang menimpa 3 warga Ternate pada, Selasa, 10 Mei 2022.

Kepala BPBD Kota Ternate, Ichsan Hamzah mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate. Selain itu, kata Ichsan, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman juga turut berduka cita atas musibah yang terjadi dalam waktu bersamaan tersebut.

“Tujuan bantuan ini membantu biaya penguburan senilai Rp2,5 juta. Korban yang dibantu ada tiga yakni, di Marikurubu yang baru dikuburkan tadi malam, kemudian di Kelurahan Kalumpang dan Sasa. Itu sebagai bentuk perhatian Pemkot ke warga, karena musibah ini kami tidak pernah minta,” ungkap Ichasan, Jumat, 13 Mei 2022.

Ia bilang, bagi Kelurahan yang terkena banjir, akan dilihat terlebih dahulu apakah bencana berdampak. Karena penanganan seperti di Kampung Makassar dan Sangaji butuh koordinator lintas sektor, dan tidak bisa BPBD sendiri yang bergerak.

“Sebenarnya masyarakat bisa memahami kondisi penyebabnya, kalau secara penyebabnya banyak. Kalau bencana tidak berdampak pada masyarakat baik kerugian material dan jiwa baru BPBD bisa masuk, kalau Kampung Makassar kemarin hanya terjadi genangan air,” ucapnya.

Menurutnya, penanganan bencana ini harus ada koordinasi lintas sektor baik Dinas PUPR dan Disperkim.

“Kalau tidak diselesaikan setiap hujan akan seperti itu,” pungkasnya.*