Jumat, 23 Februari 2024

Warga Kulaba Antusias Ikut Lomba Festival Ela-ela

Ela-ela di Kelurahan Kulaba/Foto : Nita (Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kelurahan Kulaba, Kecamatan Ternate Barat merupakan salah satu peserta dalam lomba Festival Semarak Ela-ela yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.

Amatan malut.kaidah.id, Kamis, 28 April 2022, Ela-ela diikuti oleh warga setempat yang notabene adalah anak-anak. Semua beramai-ramai berjalan memegang obor dengan menyanyikan lagu “Ela-ela pake jam-jam to, suba Jou”.

Ketua RT 06, Rustam Djamal mengatakan, Kulaba merupakan satu dari 17 Kelurahan di Ternate yang ikut berpartisipasi, dalam lomba Ela-ela.

Rustam bilang, ada 9 RT yang ikut terlibat dalam perlombaan ini. Semetara yang menjadi titik penilaian yakni, RT 6,7 dan 8.

“Ini semua partisipasi warga Kulaba mulai dari RT 1 sampai 9. Obor-obor juga dibuat secara bersama-sama,” kata Rustam.

Rustam mengaku, ada 6 orang tim penilai lomba sudah melakuka penilaian, tetapi untuk hasilnya nanti akan diumumkan oleh panitia penyelenggara.

“Tim juri sudah turun cek Kelurahan kami. Mereka ada 6 orang dan untuk kriterianya mereka nilai hiasan lampu obornya mulai dari pintu masuk lokasi sampai di ujung jalan,” pungkasnya.

Sementara salah satu warga Kulaba, Fandi Anwar mengaku senang dengan adanya lomba Ela-ela tersebut. Menurutnya, dua tahun terakhir Kota Ternate dilanda wabah Covid-19, dimana semua warga tidak diizinkan untuk berkerumun dan tidak bisa melakukan lomba-lomba.

“Saya sangat senang Kelurahan kami bisa berpartisipasi dalam lomba ini. 2 tahun ini kan kita tidak bisa apa-apa karena Covid-19 tapi sekarang sudah bisa meski tetap dengan prokes,” ujarnya.

Fandi berharap, kegiatan seperti ini terus dilakukan. Sebab, kata dia, Ela-ela sudah menjadi tradisi di Kota Ternate sejak dulu kala.

“Ini tradisi, jadi kalau bisa jangan sampai hilang,” harapnya.*