Jumat, 23 Februari 2024

Pembangunan RSUD Ternate Menunggu Hasil Studi Kelayakan

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly | Foto : Nita/Kaidah Malut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate untuk membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Ternate masih menunggu hasil presentasi studi kelayakan tahap II di DPRD Kota Ternate.

Pembangunan RSUD Kota Ternate yang dilakukan oleh PT. Wika ini telah mendapatkan respon positif Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Kita sudah melakukan pertemuan dan tim BPKP berkeinginan membantu Pemkot juga. Mereka juga menanyakan kendala-kendala apa yang dihadapi Pemkot kemudian progresnya juga sudah sampai dimana,” jelas Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly kepada sejumlah wartawan, Senin, 14 Februari 2022.

Tim BPKP juga mengusulkan agar ada diskusi antara pihaknya dan Pemkot, sehingga bisa diketahui poin-poin apa saja yang sudah dikerjakan dan yang belum dikerjakan. Dengan begitu, BPKP bisa melakukan uji terkait kendala apa saja yang dihadapi Pemkot.

“Intinya mereka menginginkan ada progres yang harus mereka tahu, dan sejauh ini perkembangan PT. Wika itu sampai dimana,” terangnya.

Rizal bilang, BPKP berharap ini adalah konsep yang tepat, karena hampir di seluruh Indonesia menggunakan konsep ini untuk pola investasi beberapa RSUD di Indonesia.

“Tadi juga Kepala BPKP meminta Bappelitbangda bisa membantu sehingga dalam waktu dekat bisa melakukan evaluasi soal kendala,” tutup Rizal.*