Jumat, 12 Juli 2024

Jelang Idul Adha 1445 H, Distan Ternate Cek Kesehatan Hewan Kurban

Kadis Pertanian Ternate, Thamrin Marsaoly (Istimewa/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Dinas Pertanian Kota Ternate melakukan pemantauan hewan kurban, guna memastikan kesehatan dan ketersediaan menjelang Idhul Adha 1445 Hijriyah.

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate Thamrin Marsaoly mengatakan, pihaknya telah melakukan pengawasan untuk hewan kurban, baik sapi maupun kambing yang keluar masuk Ternate.

“Jadi ada pintu masuk kurang lebih enam titik di Kota Ternate. Kita sudah menyiagakan petugas dalam rangka mengecek hasil kesehatan, dan izin dari ternak yang masuk,” terang Thamrin, Rabu, 12 Juni 2024.

Selain pengawasan, Distan juga telah menyurat ke 142 masjid dan musala, untuk nantinya memeriksakan hewan kurban yang akan disembelih.

“Khusus untuk masjid kurang lebih kita sudah menyurat ke 142 masjid dan musala untuk mempersiapkan ternaknya untuk kita periksa. Jadi yang diperiksa itu ada tiga unsur yang pertama, hewan itu tidak terganggu kesehatannya baik itu mulut maupun kuku, yang kedua umur ternak, dan yang ketiga jenis kelamin ternak,” jelas Thamrin.

Thamrin juga mengimbau kepada pedagang ternak, untuk tidak berjualan di tempat umum.

“Imbauan juga kepada penjual ternak, karena berdasarkan edaran yang kami keluarkan lewat Dinas Pertanian Ternate kepada lurah bahwa masyarakat yang berjualan hewan ternak di tempat umum itu dilarang,” pungkasnya. (*)