Sabtu, 18 Mei 2024

Pemkot Ternate Gelar FPD Musrenbang RKPD 2025

FPD Musrenbang RKPD 2025 (Ist/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar Forum Perangkat Daerah (FPD) dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ternate tahun 2025, di Ballroom Royal Resto, Rabu, 27 Maret 2024.

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman dalam sambutannya mengatakan, FPD dan Musrenbang punya makna strategis dalam menentukan arah pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Ternate.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapat masukan dari para pemangku kepentingan guna penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2025. Forum ini juga diharapkan dapat menyepakati isu strategis pembangunan dan prioritas pembangunan,” kata Tauhid.

RKPD Kota Ternate tahun 2025 mengangkat tema “Pelestarian cagar budaya dan entitas keragaman sosial budaya, serta mitigasi kebencanaan untuk pengembangan ruang Kota Ternate yang mandiri dan berkeadilan”.

Menurut Tauhid, tema yang diusung sesuai dengan arah kebijakan pembangunan dan pentahapan dalam RPJMD Kota Ternate 2021-2026, yang di dalamnya menggambarkan 5 program prioritas arah pembangunan di tahun 2025.

“Yaitu perlindungan dan pelestarian cagar budaya, membangun dan menghidupkan entitas keragaman sosial budaya masyarakat, literasi dan mitigasi kebencanaan, pengembangan kota sebagai pusat informasi dan konsolidasi barang atau jasa, serta revitalisasi dan penataan pola ruang kota yang berkelanjutan,” paparnya.

Kegiatan ini, Tauhid bilang, adalah ajang musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam daftar usulan rencana pembangunan kecamatan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kota Ternate. (*)