Sabtu, 18 Mei 2024

Sekprov Maluku Utara Buka PTQ ke-54 RRI Ternate

Sekprov Maluku Utara, Samsuddin Kadir (Ist/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Pemerintah Provinsi Maluku Utara memberikan apresiasi kepada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) di seluruh Indonesia, termasuk Ternate lantaran telah menyelenggarakan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke-54 Tahun 2024.

Hal ini sampaikan langsung Sekretaris Daerah (Sekprov) Maluku Utara, Syamsuddin Abdul Kadir usai membuka secara resmi pelaksanaan PTQ yang berlangsung, di auditorium RRI Ternate, Jumat, 15 Maret 2024.

LPP RRI menurut Sekprov, selalu masuk dalam berbagai aspek terutama keagamaan. Dan ini, sambung dia, merupakan terobosan penting yang memiliki nilai sangat positif.

Sebagai Ketua LPTQ sekaligus pemerintah, Samsuddin menyampaikan terima kasih kepada LPP RRI yang telah menyelenggarakan PTQ RRI, dalam momentum bulan suci R
ramadan 1445 Hijriah.

“Kegiatan ini tentu mendapat nilai dobol karena selain mendapat nilai, para peserta juga mendapat nilai pahala sehingga tetap mendapat keberkahan,” ungkap sekprov.

Orang nomor tiga di lingkup Pemprov Maluku Utara ini juga menyebutkan, jumlah peserta untuk PTQ tahun 2024 cukup meningkat dari tahun sebelumnya.
Bahkan dirinya juga menargetkan ke depan, PTQ RRI Ternate mendapat dukungan dari masing-masing pemerintah daerah di 10 kabupaten/kota dengan mengirimkan keterwakilan masing-masing.

“Ini juga butuh sosialisasi, karena partisipasi dari pemerintah K
kabupaten/kota untuk mengirimkan utusannya dan berbagai pihak, untuk menyiapkan sarana yang lengkap yang disesuaikan dengan jumlah peserta,” tuturnya.

Atas nama pemerintah Provinsi Maluku Utara, Sekda juga berharap kepada masing-masing peserta yang keluar sebagai juara, bisa mewakili provinsi ke tingkat nasional, yang diselenggarakan di Jogja. Peserta diharapkan bisa mempersiapkan diri, agar lebih baik lagi.

“Ada dua faktor dalam perlombaan, yaitu faktor teknis dan non teknis, dan banyak orang yang gugur karena faktor non teknis. Non teknis itu tidak ada kaitan dengan keahlian, tapi ada beban-beban menjadi faktor setiap peserta, sehingga kita berharap faktor ini dilepaskan bagi peserta yang mewakili RRI Ternate ke tingkat nasional,” harapnya.

Sementara itu Kepsta RRI Ternate, Dadan Sutaryana dalam sambutannya juga memberikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, dan berbagai pihak yang telah mendukung sehingga pelaksanaan PTQ ke-54 dapat terselenggara.

“Terima kasih kepada pemprov yang telah menyediakan videotron untuk pelaksanaan PTQ di Sofifi, ibu kota Provinsi Maluku Utara,” akunya.

Dadan meyakini, dengan profesionalisme yang dimiliki dewan hakim, peserta PTQ RRI Ternate tahun ini, bisa masuk pada 10 besar di tingkat nasional.

“Siapapun yang menjadi utusannya, semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Provinsi Maluku Utara,” ujar Dadan.

Sebelumnya, Ketua Panitia PTQ RRI Ternate ke-54, Wahyuddin Yahya dalam laporannya mengatakan, PTQ tahun ini membuka 3 kategori lomba yakni tilawah, tausiah, tilawah, tahfidz quran, dan tartir quran difabel sensorik netra.

Lomba ini dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 15 hingga 17 Maret 2024.

Kegiatan ini beetujuan sebagai wujud peran serta RRI dalam berkontribusi melaksanakan syiar Islam, khususnya di bulan suci ramadan untuk melakukan pembinaan mental spiritual umat Islam, meningkatkan kemampuan membaca, memahami dan mendalami kitab suci Al-quran sebagai pedoman dalam implementasi kehidupan sehari-hari.

Jumlah peserta PTQ RRI Ternate ini sebanyak 71 peserta dengan rincian, cabang tilawah berjumlah 32 orang terdiri dari 21 qori dan 11 qoriah, untuk mata lomba tausiah berjumlah 27 orang yang terdiri dari 9 orang mubalik dan 16 orang mubalikah, dan untuk cabang tahfidz quran berjumlah 12 orang terdiri dari 10 hafizd dan 2 hafizdah. (*)