Sabtu, 18 Mei 2024

UP3 PLN Ternate Gelar Inspection Day Serentak Bulan K3 Nasional

Pengecekan kelengkapan APD dan alat kelengkapan lainnya di UP3 PLN Ternate (Nita/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Ternate menggelar Inspection Day Serentak Bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024.

Apel berlangsung, Jumat, 02 Februari 2024 pukul 08.00 WIT di lapangan Kantor UP3 PLN Ternate, yang dihadiri seluruh pegawai dan vendor (mitra kerja).

Inspeksi ini dipimpin oleh Manager UP3 PLN Ternate, Kurniawan Fitrianto.

Usai apel, Kurniawan mengatakan, Inspeksi ini dilakukan serentak di Indonesia dalam rangka mengecek kelengkapan K3 dan administrasi di lapangan.

“Ini dalam rangka bulan K3 Nasional 2024. Dan hari PLN serentak seluruh Indonesia melaksanakan apel inspeksi ini. Ini berlaku kepada seluruh pekerja PLN dan mitra kerja,” kata Kurniawan.

Inspeksi terkait kelengkapan alat pelindung diri (APD), alat kerja dan administrasi pekerjaan.

“Karena di PLN itu selain APD-nya lengkap dan alatnya lengkap, itu dokumen-dokumen K3 juga seperti izin kerja harus lengkap. Sehingga menjamin pekerjaan yang kita lakukan di lapangan, itu tetap aman, selamat dan berjalan lancar,” pungkasnya.

Disentil soal jumlah vendor di wilayah Maluku dan Maluku Utaru, Kurniawan mengaku sebanyak 11 perusahaan. Di mana para mitra kerja ini bekerja untuk jaringan dan lingkup pekerjaannya berbagai macam.

“Sejauh ini ada 11, kalau untuk vendor bermasalah sampai sekarang ini tidak ada,” ujarnya.

Kegiatan ini juga, merupakan pengecekan kembali soal ketaatan vendor dalam menjalankan pekerjaan yang aman dan patuh terhadap norma-norma K3.

“Dan harus diingat, bekerja tanpa APD dan kelengkapan lainnya sangatlah membahayakan keselamatan dan kesehatan kerja. Sehingga ini perlu diperhatikan oleh kami PLN dan mitra kerja,” tukasnya. (*)