Jumat, 23 Februari 2024
SOFIFI  

Gubernur Abdul Gani Kasuba: Kita Segera Bangun Pusat Ilmu Al Quran di Sofifi

Suasana malam penutupan STQH Nasional ke-26 di venue utama, Masjid Raya Shaful Khairaat Sofifi, Provinsi Maluku Utara, Jumat (22/10) | Foto : Wangkep/Malut Kaidah

SOFIFI, KAIDAH MALUT – Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba mengatakan, akan membangun Pusat Ilmu Alquran di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara. Untuk kepentingan itu, Gubernur telah menyiapkan dua sampai tiga hektare lahan di sekitar Masjid Shaful Khairaat Sofifi.

“Tadi Imam Besar Masjid Istiqlal kepada saya, kami akan bangun Pusat Ilmu Al Quran di sini. Semoga ini akan menjadi kafan bagi kita semua pergi menghadap Allah kelak,” kata Gubernur saat memberikan sambutan penutupan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) XXVI Nasional, Jumat, 22 Oktober 2021 malam,

Menurut Gubernur Abdul Gani Kasuba yang biasa disapa Ustadz Gani itu, semua yang dilakukan itu, karena berkah dan kebesaran Al Quran. Termasuk pelaksanaan STQH XXVI Nasional yang dipusat di Sofifi tersebut.

“Malam ini adalah malam yang paling berbahagia bagi kami di Sofifi. Karena sepertinya kalau bukan kekuatan Al Quran mungkin kami tidak bisa melakukan ini. Karena bapak ibu ketahui, Sofifi ini hanya sebuah kecamatan. Apakah mungkin kita bisa melaksanakan even sebesar ini di kecamatan, kecuali karena kebesaran Al Quran dan perjuangan bersama warga Maluku Utara,” kata Gubernur Ustadz Gani.

Gubernur mengisahkan, ketika Menteri Agama RI masih dijabat oleh Fakhrurrozi, ia datang menemui Menteri Agama dan meminta melaksanakan STQH Nasional di Sofifi. Tetapi Menteri Fakhrurrozi ragu-ragu menerima permintaan tersebut.

“Pak Dirjen Bimas , Kamaruddin Amin Islam juga yang paling bingung antara menerima dan tidak. Akhirnya beliau lebih banyak ke sofifi untuk dapat mendapat keyakinan itu. bayangkan di sofifi, jangankan hotel, losmen pun tidak ada. Rumah penduduk saja yang tidak layak untuk ditempati para kafilah. Tapi dirjen entah kenapa bisa menerima sofifi sebagai tuan rumah STQ. Dirjen pusing tujuh keliling,” kata Gubernur.

Menteri Agama berganti ke Yaqut Cholil Qaumas, dan Gubernur Gani Kasuba untuk pertama kali bertemu dengan menteri agama yang baru itu, untuk meminta restu agar STQH Nasional dapat digelar di Sofifi.

“Ketika saya sekolah di Madinah tahun 1974, Menteri Agama ini baru lahir, itu berarti beliau masih muda. Pasti dengan semangat mudanya, beliau akan merestui Sofifi sebagai tuan rumah STQH Nasional. Ternyata memang beliau menyetujui STQH Nasional dapat dilaksanakan di Sofifi,” kata Gubernur.

Menurutnya, halaman Masjid Shaful Khairaat Sofifi sebagai venue utama pelaksanaan STQH Nasional ini, tujuh bulan yang lalu kondisinya masih penuh rawa. Tetapi sekarang, kondisinya sudah sangat berbeda, tempat ini menjadi sangat indah.

“Semua itu, karena berkah Al Quran,” tandas Gubernur Maluku Utara, KH Abdul Gani Kasuba. *