Kamis, 13 Juni 2024

Giatkan Sosialisasi, Panwaslu Patani Utara Ajak Pelajar Awasi Pemilu

Panwaslu Patani Utara bersama pelajar usai sosialisasi pengawasan Pemilu (Foto: Istimewa/Kaidahmalut)

HALTENG, KAIDAH MALUT – Panwaslu Patani Utara di Halmahera Tengah, Maluku Utara, kembali melaksanakan sosialisasi pengawasan Pemilu. Kali ini, sosialisasi disasarkan kepada para pelajar tingkat SMA/SMK.

Divisi Hukum dan Pencegahan, Sukarman Kasim menjelaskan, Panwaslu Goes to School ini merupakan bagian dari program inovasi pengawasan partisipatif dari Panwaslu Patani Utara.

Menurut Sukarman, di tahun politik, pemilih pemula memang sangat rentan terhadap dinamika pragmatisme politik.

“Sasaran kegiatan ini adalah pelajar SMA/SMK yang sangat potensial menjadi pemilih pemula. Mereka cenderung menjadi target kepentingan sehingga harus dikuatkan dengan pemahaman mengenai pemilu,” kata Sukarman, Sabtu, 18 Maret 2023.

Sementara Ketua Panwaslu Patani Utara, Abd. Fajri Hasan menambahkan, setiap warga negara punya tanggung jawab yang sama untuk mengawasi Pemilu, tidak hanya pihak penyelenggara.

Hal itu menurutnya demi tegaknya keadilan Pemilu di Indonesia khsusnya di wilayah Kecamtan Patani Utara.

“Mereka para pemilih pemula bisa kita ajak kerja sama dalam mengawasi Pemilu. Paling tidak melalui mereka semua informasi penyimpangan dalam pemilu dapat diketahui melalui pengamatan mereka di lingkungan masing-masing,” tukasnya.

Ia menambahkan, ke depan aspek pengawasan Pemilu harus dilaksanakan secara masif demi jalannya Pemilu yang berintegritas dan berkeadilan. (*)