Jumat, 12 Juli 2024

10 Januari, 468 Calon Anggota PPS di Ternate Ikut Tes Tulis

Kantor KPU Kota Ternate (Foto: Poskomalut.com/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate mengumumkan nama-nama calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024, yang lulus seleksi administrasi di Ternate.

Kelulusan ratusan calon anggota PPS tersebut, berdasarkan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate Nomor 10/PP-04-PU/8271/2023, dan berita acara rapat pleno Nomor 02/PP-04-BA/8271/2022 per tanggal 06 Januari 2023.

Sebanyak 468 calon anggota PPS dinyatakan lulus, dan akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tes tertulis.

468 nama tersebut terbagi dari 8 kecamatan di Kota Ternate, di antaranya Kecamatan Ternate Selatan sebanyak 112 orang, Kecamatan Ternate Tengah 79 orang, Kecamatan Pulau Ternate 45 orang, Kecamatan Ternate Utara 79 orang.

Kemudian, Kecamatan Ternate Barat 43 orang, Kecamatan Pulau Hiri 46 orang, Kecamatan Pulau Moti 31 orang, dan Kecamatan Pulau Batang Dua sebanyak 33 orang.

Anggota Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Ternate, Mukhtar Yusuf mengatakan, pendaftar yang lulus dalam seleksi administrasi dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikut tes selanjutnya, yakni tes tulis sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Pada pelaksanaan tes tulis nanti, KPU menggunakan model blanded.

“Menggunakan model blanded, jadi ada tes tulis yang menggunakan CAT dan ada juga yang manual,” kata Mukhtar, Sabtu, 07 Januari 2023.

Penggunaan model blanded itu akan dibagi pada beberapa kecamatan. Ada 3 kecamatan yang akan menggunakan tes tulis secara manual, di antaranya Pulau Hiri, Pulau Moti, dan Pulau Batang Dua.

“3 kecamatan Hiri, Moti dan Batang Dua menggunakan tes tulis manual, dan dilaksanakan di masing-masing kecamatan,” jelasnya.

Sementara untuk sistem CAT akan dilaksanakan secara tergabung di Universitas Khairun.

Kecamatan Ternate Utara dan Ternate Barat digabung, dan pelaksanaannya di gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Sedangkan Kecamatan Pulau Ternate, Ternate Tengah, dan Ternate Selatan di gedung Fakultas Ekonomi.

“Pelaksanaan tes tulis CAT akan dilakukan pada tanggal 10 Januari, lalu untuk tes tulis manual pada 13 Januari 2023,” tukasnya. (Nt)