Jumat, 24 Mei 2024

Raih Suara Terbanyak di Tidore, PDIP Jagokan MASI AMAN di Pilwako

Baka calon wali kota dan wawali Kota Tidore, Muhammad Sinen dan Ahmad Laiman (kolase/kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, yakni Muhammad Sinen dan Ahmad Laiman semakin memantapkan langkah untuk maju pada Pilwako 2024 mendatang.

Pasangan dengan akronim Masi Aman itu, digadang-gadang bisa menjadi partner yang menakutkan bagi lawan politiknya di Pilkada nanti.

Sekadar diketahui, Muhammad Sinen menjabat Wakil Wali Kota Tidore selama dua periode sampai sekarang, sementara Ahmad Laiman adalah anggota DPRD Tidore aktif selama tiga periode. Keduanya merupakan kaders dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pada Pileg 2024, PDIP meraih suara terbanyak yakni 28.953 atau presentase 42, 1 persen dengan perolehan 12 kursi di DPRD Tidore. Perolehan suara partai itu tersebar di tiga daerah pemilihan. Dapil I sebanyak 6.864 suara, dapil II sebanyak 11.253 suara dan dapil III sebanyak 10.836 suara.

Ketua BP Pemilu DPC PDIP Tidore Sarmin Mustari menegaskan, timnya sangat optimis dengan pasangan Masi Aman. Dirinya yakin, pasangan ini akan memenangkan kontestasi pada Pilwako November 2024.

“Kalau pakai rujukan hasil Pileg kemarin, tentu kami sangat optimis bisa memenangkan Pilwako 2024,” tegas Sarmin Mustari kepada media ini, Selasa, 23 April 2024.

Ia bilang, di Pilkada nanti, bisa ada peluang bertambahnya suara dari perolehan suara terbanyak yang sudah diraih sebelumnya. Apalagi, sambung dia, ada simpul-simpul basis di desa dan kelurahan yang punya ikatan secara emosional yang sudah terbentuk sejak lama.

“Mereka akan mudah untuk memberikan dukungan kepada calon yang diusung PDIP. Jadi kami optimis meraih kemenangan,” ucapnya.

Di Maluku Utara, kata dia, hanya DPC PDIP Tidore yang diberi keleluasan khusus dalam melakukan penjaringan secara tertutup. Sebab, berdasarkan Peraturan Partai Nomor 24 tahun 2017, apabila perolehan suara lebih dari 25 persen atau perolehan kursi lebih dari 20 persen, maka DPC yang bersangkutan melakukan penjaringan secara tertutup.

“Jadi DPC PDIP Tidore akan mengusung kaders sendiri dalam Pilwako kali ini,” tandasnya. (*)