Sabtu, 18 Mei 2024

PDIP Malut Buka Penjaringan, 2 Nama Bakal Diusung Pada Pilkada 2024

Muhammad Sinen (Nita/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Maluku Utara, membuka penjaringan bakal calon kepala daerah di 10 kabupaten kota. Hal itu disampaikan Ketua DPD PDIP Malut, Muhammad Sinen.

Meski begitu, Muhammad Sinen bilang, penjaringan untuk Tidore dilakukan secara tertutup sesuai aturan PDIP Nomor 24 Tahun 2017 Tentang Penjaringan dan Penyaringan Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah, sebagaimana yang telah dijabarkan dalam partai. Dan itu, sambung Muhammad Sinen, dikecualikan bagi daerah yang menang pileg di atas 20 persen.

“Jadi buka tapi secara tertutup. Sedangkan yang di bawah 20 persen itu dilakukan secara terbuka,” kata Muhammad Sinen usai rakor pemenangan Pilkada 2024 di Grand Majang Hotel Ternate, Sabtu, 20 April 2024.

Ia menjelaskan, untuk penentuan bakal calon kepala daerah adalah kewenangan DPP. Tetapi, sambung dia, DPC juga turut mengusulkan nama-nama bakal calon.

Muhammad Sinen juga menyentil nama Sultan Tidore Husain Sjah dan Capt. Ali Ibrahim, yang bakal maju pada Pilgub Maluku Utara 2024 mendatang. Selain gubernur, PDIP juga mengusung calon wakil wali kota dan wakil bupati di seluruh kabupaten kota.

“Dua nama yang menguat untuk calon gubernur adalah Sultan Tidore dan Capt Ali Ibrahim. Saya juga masuk yang diusulkan, namun saya memilih tetap maju di Tidore. Tapi untuk wakil wali kota dan wakil bupati, kita juga usung nanti,” tandasnya. (*)