Sabtu, 18 Mei 2024

3 Nama Mencuat Jadi Ketua DPRD Tidore, Begini Tanggapan Mereka

Ilustrasi (Ist/Kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Tiga nama di kubu PDI Perjuangan, yakni Nurul Asnawiyah, Ardiansyah Fauji dan Abdurrahman Arsyad, digadang-gadangkan bakal menjadi Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan.

Pasca penetapan PDIP sebagai partai pemenang pada Pileg 2024, ketiga nama tersebut mencuat dan menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Nurul Asnawiyah merupakan calon anggota legislatif yang meraih suara terbanyak di dapil 3 Tidore Utara dan Tidore Selatan, yakni 2.710 suara. Kemudian disusul oleh Ardiansyah Fauji dengan perolehan suara terbanyak kedua di dapil 2 Daratan Oba, yakni 1.909 suara. Sedangkan Abdurrahman Arsyad yang masih berstatus Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan saat ini, meraih 1.666 suara terbanyak kedua di dapil 1 untuk Tidore Timur dan Tidore.

Meski belum secara resmi dibahas dalam internal partai, namun ketiganya menyatakan siap jika diberikan amanah tersebut.

“Di partai sendiri kan ada regulasi dan mekanismenya juga, jadi saya patuh dan taat ke aturan partai. Kalau misalnya ditanya dari tiga nama itu, saya bilang semuanya 12 orang yang masuk itu punya peluang jadi ketua DPRD, hanya kembali lagi ada mekanisme-mekanisme di internal partai dan regulasi yang harus kita patuhi,” kata Asnawiyah saat dikonfirmasi via telepon, Jumat, 22 Maret 2024.

Asnawiyah tak menampik jika saja dirinya dipercayakan untuk menduduki kursi ketua, hanya saja dia mengaskan, tetap taat pada aturan partai. “Kalau saya ditunjuk yah saya ikut dan siap, untuk jalankan perintah partai,” tegasnya.

Senada juga disampaikan oleh Abdurrahman Arsyad yang menyatakan, tetap melaksanakan perintah sesuai instruksi partai. Ia bilang, di dalam partai ada  regulasi yang mengacu pada peraturan organisasi (PO) nomor 25 a. Menurutnya, bukan hanya tiga nama yang berpeluang menjadi ketua, tetapi 12 nama kader PDIP yang meraih suara pada Pileg 2024, semuanya memiliki peluang yang sama.

“Kalau memang sesuai dengan PO 24 a itu yah sah-sah saja. Kalaupun saya ditunjuk karena perintah partai untuk melanjutkan itu, saya bismillah saja melanjutkan itu,” pungkas Abdurrahman.

Terpisah, Ardiansyah Fauji saat dihubungi menyatakan siap, jika dirinya ditunjuk oleh partai. “Intinya saya ikut, patuh dan taat dengan perintah DPD PDI Perjuangan,” tukasnya.

Sekadar diketahui, Nurul Asnawiyah dan Ardiansyah Fauji masuk struktur keanggotaan DPD PDIP Provinsi Maluku Utara. Di DPD, Asnawiyah sebagai Wakil Sekretaris Bidang Program, sedangkan Ardiansyah merupakan Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif, Ekonomi Digital, Pariwisat, Pemuda dan Olahraga. Keduanya masuk pada komposisi pengurus DPD PDIP Provinsi Makuku Utara periode 2019-2024. Sementara Abdurahman Arsyad adalah petahana, yang masih aktif menjabat sebagai Ketua DPRD Tidore Kepulauan sejak 16 Mei 2023 lalu, menggantikan posisi Almarhum Ahmad Ishak. (*)