Minggu, 28 April 2024

Longboat Tujuan Ternate Tenggelam di Halmahera Barat, 2 Orang Masih Dicari

Ilustrasi (Istimewa/Kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Kapal jenis longboat yang memuat penumpang dan motoris sebanyak 5 orang, tenggelam di perairan Kecamatan Sahu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Laporan yang diterima Kantor Basarnas Ternate, pada Ahad, 20 Agustus 2023, longboat tersebut berangkat dari Desa Baru menuju Ternate sekitar pukul 22.00 WIT dan tenggelam karena dihantam ombak sekitar pukul 23.30 WIT.

“Pada tanggal 20 Agustus 2023 pukul 09.00 WIT, 3 korban ditemukan terapung di laut oleh speedboat rute Jailolo-Ibu dalam keadaan selamat di perairan Desa Todahe. Hingga saat ini 2 korban lainnya masih belum ditemukan,” jelas Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman.

Fathur bilang, pihaknya pun berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Halmahera Barat dan mendapat jawaban bahwa memang benar ada kejadian tersebut.

“Pukul 18.10 WIT, Tim Rescue Basarnas Ternate diberangkatkan menuju LKP menggunakan RIB 04,untuk melaksanakan operasi pencarian terhadap dua orang korban,” pungkas dia.

Terpisah Kepala BPBD Halbar Wawan Gunawan M.T Ali mengatakan, setelah mendapatkan informasi insiden, BPBD Halbar dan Basarnas Ternate langsung menuju ke TKP.

“Kami menerima informasi dari Kepala Desa Baru Kecamatan Ibu Selatan pukul 16.35 WIT, telah terjadi kecelakaan laut, sebuah speedboat di Tanjung Rorai Kecamatan Sahu. Speedboat dari Desa Baru tujuan Ternate dengan jumlah penumpang 5 orang,” kata Wawan.

Wawan bilang, dalam peristiwa itu, 3 orang korban telah ditemukan. Sedangkan sisa 2 orang masih dalam pencarian.

“Tiga orang sudah ditemukan dan dua orang lagi masih dalam tahapan pencarian,” tandasnya. (*)