Sabtu, 18 Mei 2024

Wabup Halmahera Utara Buka Bupati Cup 1 Kejurda Pencak Silat

Pembukaan Bupati Cup 1 Kejurda Pencak Silat di Halut (Vikri/Kaidahmalut)

HALUT, KAIDAH MALUT – Wakil Bupati Halmahera Utara Muhlis Tapi Tapi resmi membuka turnamen Bupati Cup 1 kejuaraan daerah (Kejurda) pencak silat.

Kegiatan dibuka pada Sabtu 17 Desember 2023 sekira pukul 21.30 WIT.

Dalam sambutannya, Muhlis menyampaikan, bahwa selaku tuan rumah, Halmahera Utara harus menjaga ketertiban dan menjunjung tinggi sportivitas.

Sementara, Perwakilan Juri IPSI Maluku Utara Alwi Alhadar mengapresiasi Pemda Halut khususnya Bupati Frans Manery atas perhelatan kejurda pencak silat di Halut.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Ada 5 perguruan pencak silat dari lima kabupaten/kota yang ikut. Ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan bakat para atlet, dan bisa meraih juara dalam pertandingan,” kata Alwi.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Halut Ikram Baba mengatakan, sesuai amatan perkembangan silat di Halmahera Utara begitu diminati, sehingga ini pula harus dikembangkan.

“Ada potensi, untuk dikembangkan dan ditingkatkan agar tidak ada kejenuhan di berbagai perguruan. Maka sebagai pengurus dapat membangun komunikasi dengan Kadispora Halut, untuk melakukan event yang memberikan kesempatan kepada generasi muda, sehingga mereka dapat meningkatkan bibit atlet pencak silat,” ujarnya.

Terpisah, Ketua panitia kejurda pencak silat Nurilman Budiman menambahkan, kegiatan ini diinisiasi oleh Bupati Halut.
Dengan adanya event ini, tentu ini bisa menunjang dan punya potensi besar untuk dapat meningkatan sebuah prestasi di bidang olahraga pencak silat.

“Maka kegiatan pencak silat yang dilakukan di Kabupaten Halmahera Utara dapat membuka peluang juga, bagi kabupaten lain untuk bagaimana mereka juga mampu untuk melaksanakan kejurda,” sebut Nurilman.

Kejurda digelar selama 4 hari dan diikuti sebanyak 265 atlet pencak silat, dari lima perguruan. (*)