Jumat, 24 Mei 2024
Maluku  

PLN UIW MMU dan Pemda Buru Kolaborasi Terkait Pembangunan Gardu Hubung

Tanda tangan hibah Pemda Buru dan PLN UIW MMU (humas/kaidahmalut)

AMBON, KAIDAH MALUT – PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menerima kunjungan Bupati Buru Selatan (Bursel), Safitri Malik Soulisa, Senin, 22 April 2024.

Pertemuan berlangsung di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, Jalan Kapten Piere Tandean, Baguala, Kota Ambon. Dalam pertemuan itu, kedua pihak membahas terkait akses kebutuhan energi listrik di kabupaten berjuluk ‘Bupolo’ itu.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyampaikan, sesuai dengan komitmennya dalam upaya melistriki hingga ke pelosok, PLN terus mempersiapkan langkah-langkah strategisnya.

“Upaya pemerintah untuk terus menerangi hingga ke pelosok ini benar-benar kami dukung. Hal ini dilakukan dengan langkah-langkah strategis sesuai dengan kemampuan kami,” ujar Awat.

Untuk itu, dibutuhkan sinergitas antara PLN dan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel untuk saling bergandengan meningkatkan ketersediaan, dan keandalan listrik di wilayah tersebut.

Dia berharap, melalui pertemuan ini, PLN dapat memetakan wilayah-wilayah sesuai kebutuhannya.

“Kami berharap juga, ke depannya PLN dan Pemkab Bursel dapat sama-sama membangun komunikasi dan langkah yang searah dalam mewujudkan impian kita bersama, yakni menciptakan listrik yang berkeadilan.

Sementara itu, Bupati Safitri menyampaikan kesediaan PLN UIW MMU untuk melistriki hingga ke pelosok desa di Bursel.
Hal ini menjadi ujung tombak peningkatan pendapatan masyarakat setempat.

“Kehadiran investor baru di wilayah kami membutuhkan jaminan pasokan listrik yang andal. Kami berharap PLN dapat mendukung ini sebagai bagian dari pembangunan ekonomi daerah,” tambahnya.

Dia juga menjamin soal perjanjian hibah lahan yang dinilainya akan mempermudah pembangunan infrastruktur, di daerah yang dipimpinnya.

“Ini adalah langkah progresif untuk memperluas akses listrik yang dapat membuka peluang ekonomi di lebih banyak kecamatan,” lanjut Bupati Safitri.

Hal ini juga ditekankan Manager PLN UP3 Ambon Maryudin Saleh. Kata Maryudin, tanah yang dihibahkan seluas 96 meter persegi (m2) ini nantinya dipergunakan, untuk pembangunan Gardu Hubung (GH).