Rabu, 24 April 2024

Pemkab Kepsul Akan Membuka Pemiilihan Anggota BPD

Kabag Pemerintahan Setda Kepsul, Suwandi Gani | Foto: Istimewa/Malut Kaidah

SANANA – MALUT KAIDAH – Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kepulauan Sula (Kepsul), Suwandi Gani, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepsul akan membuka pemilihan kepengurusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Ada belasan desa di Kabupaten Kepulauan Sula yang akan melakukan pengisian anggota BPD di tahun ini,” kata Suwandi.

Menurutnya, pengisian dilakukan lantaran masa jabatan anggota BPD sebelumnya telah berakhir. Untuk itu, masing-masing desa kini sudah mulai memproses persiapan pemilihan wakil rakyat di tingkat desa.

Dia mengatakan, pihaknya telah mengirimka surat pemberitahuan ke sejumlah desa untuk segera melaksanakan pemilihan BPD.

“Bagi BPD yang masa bhakti sudah berakhir itu, disampaikan lewat camat di seluruh desa di Kepsul, agar segera melaksanakan pemilihan BPD,” ucap Suwandi kepada malut.kaidah.id, Selasa, 7 September 2021.

Dia berharap agar pelaksanaan pemilihan BPD di Kepsul saat ini, sesuai dengan mekanismenya yakni dimulai dari tahapan pembentukan panitia di desa.

“Dari hasil investigasi, kalau memang ada pengangkatan BPD atau perangkat desa lainnya yang tidak sesuai tahapan, maka kita akan tuangkan dalam berita acara untuk meluruskan itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Suwandi juga mengaku mendapat informasi ada beberapa perangkat desa di Kepsul saat in, masih berstatus sebagai anggota partai.

“Dan itu juga kita akan bentuk tim investigasi untuk turun ke seluruh desa di Kepsul,” tandasnya. *