Kamis, 13 Juni 2024

Lahirnya Podcast Gurabati Open di GOT 2023, Ichoz: Wadah Semua Kalangan

Pemilik Podcast Gurabati Open, Idris Abdullah alias Ichoz (Doc.Ichoz/Kaidahmalut)

TIKEP, KAIDAH MALUT – Perhelatan ajang sepak bola Gurabati Open Tournament (GOT) tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan, menjadi daya tarik masyarakat setempat. Apalagi para pecinta bola di Provinsi Maluku Utara.

GOT merupakan event olahraga tertua di Maluku Utara. Kegiatan ini murni dari Kelurahan Gurabati, yang disponsori banyak pihak termasuk Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Sejak pertama kali dihelat di tahun 1989 silam, event ini tercatat sudah 26 kali diselenggarakan. Meski begitu, ada yang menarik dari ajang tersebut.

Bukan sekadar olah raga, tetapi GOT juga melahirkan acara hiburan berupa Podcast Gurabati Open.

Pengagas Podcast Gurabati Open merupakan pemuda asli Gurabati. Namanya Idris Abdullah atau biasa dikenal dengan panggilan akrabnya, Ichoz.

Pemuda kelahiran 3 Juli 1995 itu adalah sosok pribadi yang mudah bersosialisasi dengan siapa saja.

Ia pun dikenal dengan wataknya yang selalu merdeka dan mau tetap bebas, dalam bertindak dengan hal-hal positif yang ingin dilakukannya.

Menurutnya, selama tidak merugikan orang lain tentu sah-sah saja ia mengekspresikan kreativitasnya di dunia hiburan, seperti podcast.

Ichoz juga cukup aktif di media sosial terutama facebook. Baginya, media sosial sangat mempermudah komunikasi dan banyak digandrungi masyarakat, terutama di Maluku Utara.

Podcast ini juga merupakan lanjutan dari podcast para penggemar piala dunia di Kota Tidore Kepulauan.

“Waktu piala dunia, saya undang para penggemar timnas bola juga,” kata Ichoz.

Di podcast ini, Ichoz sudah pernah mendatangkan beberapa deretan bintang tamu yang tak asing lagi di dunia persepakbolaan Indonesia.

Mereka di antaranya Zulham Zamrun, Ikram Selang, Muhamad Hamzah, dan Junaidih Saleh.

Ia pula berencana, setelah GOT berakhir, podcast akan tetap berlanjut namun menghadirkan para calon legislatif Kota Tidore Kepulauan, yang akan maju pada Pemilu 2024 nanti.

“Podcast ini tetap jalan meski GOT sudah selesai. Nanti saya undang para caleg di Tidore supaya mereka (caleg), bisa menyampaikan visi misi mereka,” pungkasnya.

Harapannya, agar podcast bisa menjadi wadah semua kalangan untuk berbagi informasi dengan masyarakat luas.

Ia juga berharap, melalui podcast pribadinya ini, Tidore Kepulauan dan khususnya lagi Kelurahan Gurabati bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. (*)