Kamis, 13 Juni 2024

Kemendikbud Ristek Buka Sekolah Penggerak di Halmahera Barat

Kemendikbud Ristek saat melakukan penandatanganan MoU dengan Bupati Halbar, James Uang | Foto: Istimewa/Malut Kaidah

JAILOLO, MALUT KAIDAH – Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI, membuka sekolah penggerak di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut).

Sekolah Penggerak, adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, dengan mewujudkan Profil Siswa Pancasila, yang meliputi kompetensi dan karakter, dimulai dari sumber daya manusia atasan (kepala sekolah dan guru).

Keseriusan membuka sekolah penggerak itu, ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama, antara Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Ristek, Ridwan Ali, bersama Bupati Halbar, James Uang, Sabtu, 28 Agustus 2021, di ruang rapat Bupati Halbar.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Malut, Laode Safihu, Kemendikbud Ristek, Ridwan Ali, Plh. Kepala Dinas Kominfo Halbar, Sahmi Salim, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Pilemon Piuw, Sekretaris Dikbud, Marten Manuty, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan, Safri Dengo dan sejumlah OPD di lingkup Pemkab Halbar lainnya hadir dalam penandatanganan nota kesepahaman itu.

Bupati James Uang mengatakan, Pemkab Halbar sangat berterimah kasih kepada Kemendikbud Ristek dan LPMP Provinsi Malut, yang telah memilih Halbar untuk membangun kerjasama dalam menjalankan program sekolah penggerak.

James bilang, itu sejalan dengan visi misi pembangunan Halbar yang termaktub dalam Rencana Pembanguan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk lima tahun ke depan, demi mewujudkan Halbar yang aman, cerdas, adil dan sejahtera.

“Mudah-mudahan kesepakatan bersama ini tidak hanya sekadar tertulis di atas kertas saja, tetapi ada implementasi yang harus dilaksanakan,” kata Bupati.

Bupati James menambahkan, yang harus dilakukan segera oleh Dinas Pendidikan, adalah membimbing kepala sekolah, agar mereka mempunyai kemampuan menggerakkan guru, menjalankan tugasnya dengan benar, sekaligus menyusun kerangka pembelajaran efesien dan sistematis, agar murid-murid mempunyai integritas sehingga kualitas mutu penddidikan di Halbar dapat tercapai.

Perwakilan Kemendikbud Ristek, Ridwan Ali, mengatakan, Pemkab Halbar harus dapat melaksanakan program sekolah penggerak, karena program ini adalah kaloborasi Kemendikbud Ristek dengan Pemkab Halbar.