Jumat, 24 Mei 2024

Hari Kelima, Tim SAR Gabungan Fokus Pencarian Korban Pada Bangkai Kapal

HARI KELIMA : Tim SAR gabungan mulai melanjutkan pencarian korban kapal Cahaya Arafah di perairan Tokaka, Halsel/Kaidahmalut

HALSEL, KAIDAH MALUT – Operasi pencarian korban kapal tenggelam KM. Cahaya Arafah di hari kelima kembali dilanjutkan oleh tim SAR gabungan, Jumat, 22 Juli 2022.

Pada pencarian ini tim SAR gabungan masih memfokuskan penyelaman dititik tenggelamnya kapal.

“Tim SAR dibagi menjadi 8 Sru, dengan melakukan pencarian di permukaan dan penyelaman, sesuai rencana operasi masing-masing yang telah di buat,” kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman.

Ia bilang, pencarian sisa korban di hari kelima ini ada penambahan 1 unsur, dengan armada dari Bakamla.

“Masing-masing Sru melakukan pencarian hingga 25 Nm dari lokasi pencarian. Tim penyelam masih melakukan penyelaman di titik yang sama, yaitu dalam bangkai kapal Cahaya Arafah,” ujarnya.

“Pencarian hari ini dimulai pukul 07.30 WIT, dengan briving yang dipimpin oleh komandan tim,” sambungnya.

Sekadar diketahui, sesuai data manifes yang diperoleh Basarnas Ternate, jumlah penumpang kapala sebanyak 77 orang. Jumlah penumpang yang selamat sebanyak 64 orang. Untuk korban yang dinyatakan hilang 13 orang, namun sejak pencarian hari ketiga sampai keempat sejak kejadian pada Senin, 18 Juli 2022 jumlah korban yang berhasil ditemukan ada 10 orang.

Sementara untuk 3 korban lainnya, masih dalam pencarian tim SAR gabungan dan juga bantuan penyelam asing asal Jerman.*