Jumat, 23 Februari 2024

Mahasiswa di Halsel Kembali Berunjuk Rasa Tolak Kenaikan Harga BBM dan Sembako

Aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Kantor Bupati Halsel/Foto : Udi (Kaidahmalut)

HALSEL, KAIDAH MALUT – Ratusan Mahasiswa di Halmahera Selatan, Maluku Utara kembali melakukan unjuk rasa penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan sembako, Kamis, 21 April 2022.

Aksi kali ini dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa Pemuda Halmahera Selatan, yang terpusat di depan Kantor Bupati Halmahera Selatan.

Salah satu orator aksi, Sayuti Melik menyampaikan, kenaikan harga BBM secara nasional ada efek dari konflik geopolitik internasional yakni, ketika embargo Rusia terhadap Ukraina hingga menyebabkan berhentinya produksi minyak dari Rusia terhadap negara-negara dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Dengan kenaikan harga BBM juga berdampak semua wilayah di Indonesia, termasuk Halmahera Selatan. Selain itu, kata Sayuti, kenaikan BBM juga memicu melonjaknya semua sektor termasuk harga sembilan bahan pokok (Sembako).

“Berdasarkan hasil kajian yang telah disepakati terkait kondisi bangsa, maupun daerah hari ini maka atas nama aliansi, kami menyampaikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah agar segera menindaklanjuti sejumlah permasalahan yang menjadi tuntutan kami,” ujarnya.

Dalam unjuk rasa lanjutan ini, ada 8 poin yang menjadi tuntutan massa aksi, diantaranya :

  1. Turunkan harga BBM
  2. Turunkan harga sembako
  3. Turunkan tarif PPN
  4. Tangkap dan adili pelaku mafia BBM
  5. Mendesak Pemda Halsel menertibkan harga BBM
  6. Cabut izin SPBU Kompak yang tidak menggunakan spencer
  7. Memperkuat pengawasan SPBU Kompak di Halsel
  8. Wujudkan pendidikan gratis

Sekertaris Daerah (Sekda), Halmahera Selatan, Saiful Turui saat menemui massa aksi mengatakan, sejauh ini pihak Pemda Halsel selalu berupaya dalam mengatasi masalah BBM, serta meningkatkan pengawasan terhadap pedagang eceran yang terkesan bermain harga BBM bersubsidi.

“Hampir setiap hari Pemerintah Daerah selalu melakukan monitoring terkait dengan stabilitas harga BBM, dengan cara memasang cctv pada semua SPBU, guna memantau oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” jelas Saiful.

Menurut Saiful, Pemerintah Daerah terus berupaya untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat Halsel.

“Sejauh ini kami selaku Pemerintah Daerah selalu berupaya, melakukan yang terbaik bagi masyarakat Halsel,” pungkasnya.*