Minggu, 14 Juli 2024

Cuaca Buruk, KPLP Halbar Tutup Seluruh Pelayaran dari Jailolo

Ilustrasi cuaca ekstrim (Istimewa/Kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara menutup sementara pelayaran rute Jailolo-Ternate dan Jailolo-Manado.

Pelayaran ditutup lantaran cuaca buruk dan gelombang tinggi di laut yang saat ini masih terjadi di perairan Maluku Utara. Sehingga sejumlah pelayaran dari Jailolo pun, tidak diizinkan beroperasi hingga cuaca kembali normal.

Larangan berlayar berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut melalui KSOP Kelas II Ternate Nomor UM.003/6/4/KSOP.TTE-2022.

Petugas KPLP Jailolo, Jemmy Tuhumuri mengatakan, penundaan berlayar ini sesuai maklumat pelayaran dan surat dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, terkait larangan berlayar sekaligus menangguhkan palayaran kapal KM Permata Bunda tujuan Manado, sampai situasi dinyatakan aman atau dicabutnya status bahaya.

“Selain kapal tujuan ke Manado, seluruh speed boat Jailolo-Ternate juga ditangguhkan, hingga cuaca benar-benar membaik,” singkat Jemmy, saat dikonfirmasi via WhatsApp, Senin, 21 Februari 2022.*