Kamis, 13 Juni 2024

Diduga Stres, Seorang IRT di Halbar Tewas Gantung Diri

N, IRT yang mengakhiri hidupnya dengan gantung diri saat dilarikan ke RSUD Jailolo | Foto : Istimewa/Kaidah Malut

HALBAR, KAIDAH MALUT – Seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial N (61 tahun) ditemukan tewas gantung diri, di Desa Hoku-Hoku Kie, Halmahera Barat, Maluku Utara, pada Selasa, 15 Februari 2022, sekira pukul 07.30 WIT.

Tubuh N pertama kali ditemukan putrinya, EM, dalam kondisi tergantung di belakang rumahnya.

Menurut keterangan saksi EM, ia tiba di rumah ibunya pagi itu hendak menitipkan anaknya sebelum berangkat kerja. Kondisi rumah dalam keadaan sepi. Sang adik, NT, masih tidur di kamar lantaran sedang sakit.

EM lalu menuju belakang rumah untuk mencari ibunya. Namun ia kaget saat melihat ibunya sudah dalam kondisi tergantung. Saat itu juga EM langsung memeluk tubuh ibunya dan berteriak meminta pertolongan tetangga.

Lantaran masih bernapas, setelah tubuh N berhasil diturunkan, keluarga langsung membawanya ke RSUD Jailolo. Namun sesampainya di rumah sakit, N dinyatakan telah meninggal dunia.

Menurut pengakuan EM kepada polisi, sejak Desember lalu ibunya sudah berulang kali melakukan percobaan bunuh diri namun selalu gagal. Selain itu, N juga menunjukkan kondisi mengalami gangguan psikis.

Kapolsek Jailolo, IPDA Karmawan membenarkan adanya peristiwa gantung diri itu. Menurutnya, korban diduga depresi.

“Jadi korban itu ada penyakit bawaan. Jadi untuk keterangan sementara diduga karena korban depresi,” terang Karmawan.*