Sabtu, 18 Mei 2024

BPK Monitoring Proses Audit di Pemda Halmahera Barat

Bupati Halbar, James Uang (Marwan/kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, menerima kunjungan kerja (Kunker) Kepala Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Malut, Jumat, 03 April 2024.

Kehadiran BPK di Pemda Halbar, yakni dalam rangka pelaksanaan monitoring tindak lanjut laporan keuangan pemda tahun 2023.

“Sekarang tim BPK melakukan pemeriksaan rinci APBD tahun 2023. Jadi Kepala BPK datang untuk memonitor, sudah sejauh mana langkah-langkah tim pemeriksa dan bisa bersinergi dengan semua pimpinan OPD, untuk tindak lanjut laporan keuangan. Sehingga pemeriksaan ini bisa berjalan dengan lancar,” kata Bupati Halbar James Uang usai menerima kunker.

James bilang, setelah pemeriksaan, akan ada pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualiann (WTP) dari BPK terhadap APBD tahun 2023 yang diaudit.

“Jadi intinya, kita menunggu saja hasil WTP ke depan,” ucap James.

Untuk mendapatkan WTP atau tidak, kata James, akan dinilai dari kinerja para pimpinan OPD.

“Diharapkan kepada pimpinan OPD, agar bekerja dengan baik dan maksimal sehingga pada akhirnya, ada opini lahir darinkinerja OPD,” timpalnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Malut Marius Sirumapea mengatakan, kunker yang dilakuka untuk memastikan pemeriksaan pendahuluan atas laporan keuangan Pemda Halbar tahun 2023.

“Semua inikan dilakukan secara laporan keuangan seluruh OPD. Karena kita lakukan ini adalah monitoring namanya, jadi ada pemeriksaan pendahuluan. Nanti baru diberikan opini. Jadi inikan pemeriksaan rinci setelah di BPK baru kita memberikan opini ini setiap tahun kita lakukan,” pungkas Marius.

Marius juga mengingatkan kepada sejumlah SKPD di Halbar, untuk secepatnya berkoordinasi dengan Inspektorat guna menindaklanjuti, jika ada temuan.

“Kemudian nanti Inspektorat koordinasi dengan teman-teman OPD, dan harus ditindaklanjuti,” tandasnya. (*)