Sabtu, 18 Mei 2024

Bawaslu Halmahera Utara dan Pers Teken MoU Terkait Pemilu 2024

MoU Bawaslu Halut dan Pers (Vikri/Kaidahmalut)

HALUT, KAIDAH MALUT – Bawaslu Halmahera Utara dan pers melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), terkait pelaksanaan Pemilu 2024. MoU dilakukan pada Jumat, 22 Desember 2023.

Ketua Bawaslu Halut Ahmad Idris mengatakan, MoU yang Bawaslu bersama pers, terkait kolaborasi pengawasan proses tahapan Pemilu 2024.

“Ini penting karena tanpa kolaborasi atau kerjasama dengan media, maka Bawaslu juga kurang optimal dalam tahapan-tahapan pengawasan nanti. Oleh karena itu, media yang ada di Halmahera Utara dapat bersama-sama untuk berkolaborasi dalam rangka dan mendukung Pemilu 2014 yang kemudian dapat berjalan dengan baik,” kata Ahmad.

Wartawan juga bisa menyampaikan jika ada pelanggaran, yang terjadi di masyarakat.

“Jadi kalau diketahui hal-hal seperti itu, diharapkan rekan-rekan wartawan dapat menyampaikan ke Bawaslu, agar dapat ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku,” pungkas Ahmad.

Sementara Kordiv HP2H Bawaslu Halut Rusni menambahkan, ada 3 komisioner di Bawaslu Halut. Ketiganya tidak tinggal diam, tetapi tetap melakukan tugas dan tanggungjawab masing-masing. Sehingga, jika wartawan ingin mengetahui informasi terkait pengawasan, tentu bisa berkoordinasi dengan Bawaslu.

Terkait pengawasan, Bawaslu telah melakuka sosialisasi ke 17 kecamatan dan 196 desa di Halut.

Imbauan dan teknik lainnya pun, sudah dilakukan mulai dari tingkat desa, kelurahan sampai kecamatan.

“Olehnya itu, kami sangat berharap dukungan dari media maupun dari OKP di Halmahera Utara untuk bersama-sama mengawasi Pemilu nanti,” ujarnya. (*)