Sabtu, 18 Mei 2024

Ketua Asprov PSSI Maluku Utara Buka Turnamen Soeratin Putaran Cup di Galela

Ketua Asprov PSSI Malut Edi Langkara saat membuka turnamen Soeratin Putaran Cup 2023 di Galela, Halut (Ist/Kaidahmalut)

HALUT, KAIDAH MALUT – Ketua Asprov PSSI Maluku Utara Edi Langkara meresmikan turnamen Soeratin Putaran Cup, di Stadion Miagina Desa Togawa, Kecamatan Galela, Halmahera Utara, Senin 11 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Edi Langkara menyatakan, Soeratin merupakan kompetisi bagi usia muda. Laga ini, nantinya akan menuju je tingkat nasional.

Ada lima klub yang lolos ke nasional, dan Maluku Utara memiliki jatah 2 klub untuk U-17 dan U-15.

“Asprov PSSI Maluku Utara sudah melakukan koordinasi dengan PSSI pusat. Beberapa bulan lalu, PSSI Maluku Utara tidak mengirim tim sepakbola di Pra PON Papua, dan kewajiban dari PSSI Maluku Utara yakni menyiapkan pemain, dan segala pembiayaan adalah urusan pemerintah daerah. Dan saat itu kendala gagal berangkat karena tidak ada biaya dari pemda,” jelas Edi.

Soeratin Putaran Cup ini, kata Edi, diminta oleh Bupati Halut Frans Manery untuk menjadikan Halut sebagai tuan rumah.

“Kepada perangkat pertandingan saya minta kejujuran dalam event ini dijunjung tinggi, begitu pula kepada masyarakat, agar bersama-sama mendukung kegiatan ini,” imbaunya.

“Untuk turnamen berikut, belum tahu pasti mau digelar di mana, apakah di Halbar atau Halteng. Yang penting lapangannya siap saja,” ucapnya.

Ketua panitia pelaksana Muhlan Ando mengapresiasi kehadiran Ketua Asprov PSSI Malut, untuk membuka Soeratin Putaran Cup di Halut. Begitu pula dengan seluruh perangkat pertandingan.

Kadispora Halut ini bilang, Soeratin musim 2023, Galela menjadi tuan rumah. Olehnya itu, diharapkan, seluruh masyarakat juga bisa kompak dan solid menjaga ketertiban sehingga kegiatan berjalan aman dan lancar.

Sementara itu, Bupati Halut yang diwakili Kepala DLH Nani Noya menyampaikan arahan Bupati bahwa, sebagai tuan rumah sudah sepatutnya menjaga ketertiban selama kegiatan.

Galela harus menjadi tuan rumah yang baik, karena banyak tamu dari provinsi yang akan datang dan menyaksikan laga Soeratin secara langsung. (*)