Minggu, 19 Mei 2024

Gunung Ibu Erupsi, BPBD Halmahera Barat Bagikan Masker

Pembagian masker bagi warga terdampak erupsi gunung Ibu di Halmahera Barat (Ist/Kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, membagikan masker kepada warga yang terdampak erupsi gunung Ibu. Pembagian masker dilakukan pada Senin 21 November 2023.

Kepala BPBD Halbar Wawan Gunawan M T. Ali mengatakan masker yang dibagikan untuk melindungi warga dari abu vulkanik, ketika melakukan kegiatan di luar rumah.

Olehnya ity, warga juga diminta agar tetap menggunakan masker guna menghindari adanya gangguan pernapasan (ISPA) akibat erupsi gunung Ibu.

“BPBD melakukan koordinasi dengan camat sesuai dengan laporan dari camat, terkait info erupsi gunung Ibu dan warga yang terdampak. Sehingga kami dari BPBD, langsung bergerak lakukan pembagian masker ini ke masyarakat langsung melalui Camat Ibu Tabaru,” kata Wawan, Rabu 22 November 2023.

Dampak erupsi gunung Ibu dengan hujan abu tersebar di Desa Maritanggo dan Desa Tongute Ternate, Kecamatan Ibu.

“Gunung Ibu kembali mengalami erupsi yang mengakibatkan hujan abu setinggi 2.325 meter di atas permukaan laut, sekira pukul 09.58 WIT,”ucapnya.

Menindaklanjuti imbauan dari PVMBG pada tanggal 9 November 2023, BPBD juga mengimbau masyarakat yang berada di sekitar gunung Ibu, agar selalu waspada apabila beraktivitas di luar rumah. Masyarakat juga diminta selalu menggunakan masker dan kacamata.

“Baru-baru juga ada imbauan PVMBG dan kemarin terjadi erupsi gunung Ibu. Kami dari BPBD minta, apabila terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk menggunakan pelindung hidung, mulut dan mata,” tukasnya. (*)