Minggu, 14 Juli 2024

Pemda Halmahera Utara Teken NPHD, Anggaranya Rp54,4 Miliar

Penandatanganan NPHD Halmahera Utara (Istimewa/Kaidahmalut)

HALUT, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), untuk Pilkada 2024. Penandatanganan itu, terpusat di ruang meeting Fredy Tjandua, Selasa 21 November 2023.

Teken NPHD dilakukan bersama KPU, Bawaslu Halmahera Utara. Anggarannya sebesar Rp54,4 miliar. Jumlah tersebut terdiri dari KPU Rp40 miliar, sedangkan Bawaslu sebesar Rp14,4 miliar.

Bupati Halut Frans Manery mengatakan, dana hibah digunakan untuk Pemilu, sehingga diharapkan, pihak penyelenggara bisa menyesuaikan dengan aturan yang ada.

Anggaran tersebut, nantinya dipakai untuk Pilgub dan Pilkada 2024.

“Setelah KPU dan Bawaslu, nanti juga akan ada penandatanganan NPHD bersama pihak TNI dan Polri,” kata Frans usai kegiatan.

Meski belum finalisasi, tetapi, Frans berharap nantinya anggaran yang dialokasikan dari APBD tersebut, bisa memenuhi pelaksanaan dan pengawasan pada Pilkada nanti.

“Tujuan perjanjian hibah inikan adalah untuk membiayai kegiatan penyelenggara, secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil,” tukasnya. (*)