Sabtu, 18 Mei 2024

Gandeng RRI, PLN UIW MMU Sosialisasi Penggunaan Listrik Aman

PLN sosialisasi kelistrikan bersama RRI (Istimewa/kaidahmalut)

MALUKU, KAIDAH MALUT – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), melaksanakan program sosialisasi kelistrikan melalui media penyiaran radio. Sosialisasi dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat luas, terkait penggunaan listrik aman dan produktif.

Sosialisasi penggunaan listrik aman ini, digelar PLN UIW MMU di beberapa unit kerjanya. Tiga di antaranya, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, UP3 Tobelo dan UP3 Ternate.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menjelaskan, pemahaman kelistrikan merupakan bagian dari tanggung jawab dan komitmen PLN untuk melindungi pelanggan, dan masyarakat luas dari potensi terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh gangguan sistem kelistrikan, dan atau kosrleting.

“Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, di antaranya bisa dihindari atau dicegah. Nah, tujuan sosialisasi ini agar masyarakat umum, terutama pelanggan PLN tahu bagaimana caranya bisa meminimalisir atau bahkan mencegah terjadinya kecelakaan itu. Yang paling sering terjadi, misalnya kosrleting listrik. Hal ini sebenarnya bisa dicegah, apabila masyarakat memahami bagaimana caranya,” jelas Awat, Jumat, 10 Mei 2024.

Melalui sosialisasi tersebut, dirinya berharap, pelanggan di masing-masing unit dapat memahami kegunaan dan potensi bahaya listrik. Sehingga, ketika dalam penggunaannya dalam memenuhi kebutuhan energi sehari-hari, terutama kebutuhan rumah tangga, ilmu yang telah diedukasikan itu dapat diimplementasikan.

PLN UP3 Ternate menggandeng Stasiun Penyiaran RRI Ternate Pro 1 101,8 FM, PLN UP3 Ternate mengedukasi pelanggannya dengan mengusung tema ‘Propaganda Budaya K3 & Pengenalan Super Apps PLN Mobile’.

Hadir sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut, yaitu Manager UP3 Ternate Kurniawan Fitrianto, Muhammad Ridwan, Team Leader K3L & Keamanan UP3 Ternate, dan La Ode Cigra Apta Jayadi Team Leader K3L ULP Ternate Selatan.

Program interaktif itu juga memberikan kesempatan bagi pendengarnya, untuk menyampaikan pertanyaan dan langsung direspon para narasumber.

Manager UP3 Ternate Kurniawan Fitrianto dalam pemaparannya lebih banyak menjelaskan, terkait tahapan penyaluran listrik. Listrik memang bermanfaat sebagai sumber penerangan, hingga memenuhi kebutuhan aktivitas rumah tangga, untuk menggerakkan alat-alat elektonik.