Sabtu, 18 Mei 2024

PLN Baronda Sekolah Berikan Pengetahuan Kelistrikan Bagi Siswa SMA

Program PLN Baronda Sekolah (Humas/kaidahmalut)

HALSEL, KAIDAH MALUT – PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), mengagas program PLN Baronda Sekolah. Program ini telah digelar dan digencarkan secara masif dari 2023 sampai 2024.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula memaparkan, PLN Baronda Sekolah menyasar pelajar tingkat SMA di wilayah kerjanya. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi, memperkuat pengetahuan dasar terhadap siswa-siswi terkait dengan ketenagalistrikan. 

“Wawasan akan kelistrikan ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain untuk meminimalisir adanya gangguan arus pendek, juga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan emergency. Nah, edukasi ini kami rasa efektif jika langsung menyasar pelajar di masing-masing daerah. Mereka sebagai agent of change diyakini dapat turut berkontribusi di lingkungan masing-masing. Terlebih pada sekolah-sekolah kejuruan, yang memiliki jurusan terkait kelistrikan misalnya,” terang Awat, Rabu, 08 Mei 2024.

Hal ini merupakan salah satu alasan PLN UIW MMU menggencarkan PLN Baronda Sekolah, baik di Maluku maupun di Maluku Utara. Selain itu, semangat Raden Adjeng Kartini dalam memberdayakan potensi perempuan masih terus membara dalam diri Srikandi PLN UIW MMU sehingga kegiatan ini turut diprakarsai oleh mereka. Terlihat juga, sekolah-sekolah yang dituju menyambut kedatangan tim PLN dan memberikan kesempatan bagi para siswanya mengikuti kelas tambahan itu. Seperti PLN Baronda Sekolah, yang digelar di SMK Misbahul Aulad Labuha pada Senin, 06 Mei 2024.

PLN UIW MMU mengunjungi Kota Labuha, Bacan di Maluku Utara untuk bertemu dengan ratusan siswa-siswinya. Dalam kesempatan itu, PLN menyajikan materi, mulai dari Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN Mobile hingga informasi kesempatan studi di Institut Teknologi PLN (ITPLN).