Sabtu, 18 Mei 2024

Warga di 2 Desa di Halmahera Utara Dapat Pelayanan Lisdes dari PLN UIW MMU

Pelayanan Listrik desa di Halmahera Utara (Humas PLN/kaidahmalut)

HALUT, KAIDAH MALUT – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) terus berupaya menghadirkan listrik, hingga ke pelosok negeri untuk mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat.

Baru-baru ini, PLN UIW MMU melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tobelo kembali merealisasikan penyalaan Listrik Desa (Lisdes), bagi masyarakat di dua desa. Desa itu adalah Desa Pumadada dan Desa Baja di Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Dengan penyalaan serentak di dua desa ini, sebanyak 118 warga kini dapat merasakan nikmatnya kemudahan, dalam beraktivitas sehari-hari dengan menggunakan bantuan energi listrik.

Adapun rinciannya, 32 pelanggan Lisdes tersebar di Desa Pumadada dan 86 di Desa Baja. Golongan Tarif listrik yang dipasang pun beragam mulai dari tarif rumah tangga hingga tarif bisnis, masing-masing diberikan sesuai dengan peruntukannya.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyampaikan, pemerataan akses listrik hingga ke pelosok merupakan salah satu mandat yang diembani PLN.

“Kita tahu bersama bahwa listrik ini sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, dari kebutuhan rumah tangga hingga rencana usaha. Bersama dengan pemerintah, kami berupaya untuk mewujudkan kemudahan akses itu untuk masyarakat, terutama di wilayah kerja PLN UIW MMU. Mimpi kami melihat seluruh masyarakat yang tersebar di 2 Provinsi yakni Maluku dan Maluku Utara dapat menikmati listrik PLN hingga 100%. Untuk itu kami terus berupaya akan merealisasikan hal tersebut secara bertahap,” ujar Awat.

Awat berharap, melalui penyalaan listrik di dua desa ini, ratusan masyarakat benar-benar bisa merasakan manfaatnya. Selain itu, dapat digunakan untuk meningkatkan taraf hidup di daerah masing-masing.
“Jadi, pakailah listrik sesuai kebutuhannya. Manfaatkan juga untuk mendukung usaha-usaha apapun yang dapat menghasilkan pemasukan bagi keluarga, sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat dapat lebih meningkat” pesan Awat bagi pelanggan Lisdes.