Sabtu, 18 Mei 2024
Tikep  

GP Ansor Tidore Peringati Harlah ke-90 Tahun Dengan Bersih-bersih Pantai

Harla GP Ansor ke-90 tahun diperingati dengan bersih-bersih pantai Cobo, Tidore Timur (Istimewa/kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) memperingati hari lahir (Harlah) ke-90 tahun, dengan melakukan gerakan bersih-bersih pantai Cobo di Kelurahan Jiko Cobo, Ahad, 21 April 2024.

Kegiatan bersih-bersih pantai itu, dilakukan berdasarkan surat instruksi Pengurus Pusat (PP) GP Ansor Nomor:0126/PP/SI-01/IV/2024 tentang Meramaikan Semarak Harlah GP Ansor ke-90 tahun.

Ketua GP Ansor Kota Tidore Kepulauan Soepriyadi Syahbuddin menyampaikan, kegiatan itu adalah bentuk kepedulian GP Ansor terhadap lingkungan, yang harus dijaga kebersihan dan kelestariannya.

“Ini sesuai dengan surat instruksi pengurus pusat GP Ansor poin B, tentang bersih-bersih lingkungan yang bertajuk Ansor Go Green secara serentak, mulai dari tanggal 17 sampai dengan 21 Mei 2024 mendatang,” kata Soepriyadi.

Mengapa Pantai Cobo yang dipilih? Kata Soepriyadi, karena pantai itu merupakan salah satu destinasi wisata di Tidore timur, yang berpotensi untuk dikembangkan oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Olehmya itu, dirinya berharap Pemkot Tikep bisa lebih serius lagi, untuk mengembangkan kawasan pariwisata seperti di pantai Cobo.

Menurutnya, ini merupakan aksi nyata wujud kepedulian GP Ansor terhadap masyarakat Kota Tidore, khususnya yang berada di lokasi obyek wisata pantai Cobo, agar bisa membersihkan sampah di pesisir pantai.

“Jika pemerintah daerah serius mengembangkan sektor pariwisata, tentu akan berdampak pada peningkatan infrastruktur serta penguatan, pada sosial ekonomi masyarakat di Tidore Timur, tegasnya.

Kepala Kelurahan Jiko Cobo Yakub Taroka mengungkapkan, rasa terima kasihnya kepada GP Ansor Tidore yang telah turun bersama warga, membersihkan pantai.

Menurutnya, aksi tersebut meningkatkan kepekaan warga terhadap kondisi sosial kemasyarakatan, khususnya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan.

“Saya harap kerja sama ini tidak sampai di momentum ini saja, tapi silaturahmi ini terus berlanjut di agenda-agenda berikutnya. semoga Allah menjabbah niat baik kita semua,” harapnya.

Senada, Sekretaris GP Ansor Jafar Noh Idrus yang juga selaku koordinator Harlah Gp-Ansor menyampaikan, permohonan maaf kepada masyarakat kelurahan Jiko Cobo, apabila kegiatan bersih-bersih pantai belum maksimal dan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

Jafar juga mengapresiasi seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan kerja bakti tersebut, terlebih bagi pemuda Jiko Cobo.

“Harapan saya harlah GP Ansor ke-90 yang puncaknya jatuh pada tanggal 24 April 2024 nanti, bisa meningkatkan rasa cinta kita terhadap NKRI sesuai dengan tema besar nasional harlah, yakni berkibar tinggi panji gerakan, mengawal kemenangan Indonesia. Tak terkecuali di Kota Tikep panji GP Ansor juga berkibar dari Timur Tidore, untuk tegak yang adil melenyapkan yang nista,” tandasnya. (*)