Jumat, 26 Juli 2024
Tikep  

Resmi Ditutup, Festival Idadari Ma Munara Diharapkan Jadi Agenda Tahunan Pemkot Tidore

Penyerahan hadiah lomba dari Pemkot Tidore bagi pemenang lomba pada Festival Idadari Ma Munara di Kelurahan Gurabunga (Ist/Kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan resmi menutup Festival Idadari Ma Munara II, Sabtu 23 Oktober 2023 malam.

Dalam kegiatan tersebut, Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yakub Husain, yang mewakili Wakil Wali Kota Tikep memberikan sambutan sekaligus menutup festival.

Yakub Husain mengatakan, usulan dari panitia pelaksana untuk memasukan Festival Idadari Ma Munara ke kalender event pemda, akan disampaikan ke Wali Kota Ali Ibrahim.

“Idadari merupakan sebuah folklor, dimana idadari adalah simbol kehidupan awal manusia di jazirahtul mulk, cerita asal-usul manusia yang mendiami Tidore 2000 tahun sebelum Kesultanan Tidore berdiri. Ini menjadi folklor sebagai temuan yang paling penting, yang harus dinarasikan untuk memperkuat Festival Idadari Ma Munara,” terang Yakub.

Ia bilang, pemda mengapresiasi pemuda Kelurahan Gurabunga yang terhimpun dalam sanggar Seni Rau Gabi, karena atas kerja keras telah menyelenggarakan festival. Tentu kata dia, ini suatu kebanggaan lantaran Idadari Ma Munara digagas dengan sederhana namun muatannya sangat besar.

Baca halaman selanjutnya…