Minggu, 14 Juli 2024

Jelang Ramadhan, Pemkot Ternate Gelar Pasar Murah

Ilustrasi | Foto : Istimewa/Kaidah Malut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Jelang ramadhan 1443 Hijriah Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Bagian Ekonomi menggelar pasar murah di dua Kelurahan di Kota Ternate.

Pasar murah dilakukan 2 kali, pertama pada Sabtu, 19 Maret 2022 di Kelurahan Tafure kemudian di Kelurahan Maliaro pada Kamis, 24 Maret 2022.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Ternate, Nursanah Sumadayo mengatakan, pasar murah ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, guna ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi bagi masyarakat Ternate.

Pasar murah menjual sejumlah kebutuhan pokok diantaranya, beras, gula, terigu, susu, dan berbagai minuman. Sedangkan untuk minyak goreng, ia mengaku stok kosong lantaran distributor juga tidak ada.

“Minyak goreng tidak ada karena memang distributor juga tidak bersedia. Kita sudah upayakan tetapi mungkin mereka (distributor,red-) juga ingin menyalurkan ke tempat lain kan, jadi kita tidak bisa paksakan juga,” kata Nursanah.

Nursanah bilang, penjualan di pasar murah menggunakam sistem kupon yang disiapkan oleh Pemkot. Untuk harga yang dijual pun benar-benar lebih murah dari harga di pasar.

” Contohnya untuk gula pasir kita sudah kemas 5 kilogram dan kita jual Rp12 ribu per kilogram, kalau di pasar kan Rp14 ribu hingga Rp15 ribu per kilogram. Ada juga beras 25 kilogram kita jual Rp260 ribu per karung. Kalau terigu kita jual dengan harga Rp10 ribu per kilogramnya. Jadi kita jual lebih murah dari harga pasar,” terangnya.

Ia mengaku, warga Ternate sangat antusias dengan adanya pasar murah ini.

“Waktu kita gelar di Tafure itu kupon habis karena antusias warga yang membludak,” tutupnya.*