Jumat, 26 Juli 2024

MTQ ke 29 Kota Ternate Resmi Dihelat

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat membuka MTQ ke 29 di Hotel Vellya Ternate Jumat (11/2) malam | Foto : Istimewa/Kaidah Malut

TERNATE, KAIDAH MALUT – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 29 pada Jumat, 11 Februari 2022 di salah satu hotel di Kota Ternate.

Kafilah dari 8 Kecamatan yang ada di Kota Ternate siap bertanding dalam ajang ini. Ada 232 orang yang ikut dalam MTQ kali ini. Ratusan kafilah tersebut diantaranya, Kecamatan Pulau Moti sebanyak 27 orang, Ternate Utara diikuti 29 orang, Pulau Batang Dua sebanyak 22 orang, Ternate Tengah 42 orang, Ternate Selatan 38 orang, Pulau Hiri 24 orang, Ternate Barat 24 orang dan Pulau Ternate 26 orang.

Ada enam cabang yang akan dilombakan yakni cabang Tilawah Alquran, Hifzh Quran, Fahmil Quran, Khattil Quran, Kaligrafi Kontemporer, dan Karya tulis ilmiah Alquran.

Keenam cabang yang dilombakan tersebut untuk golongan Tartil putra-puteri, golongan anak-anak, remaja, dan dewasa, serta golongan qira’at Alquran.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dalam sambutannya mengatakan, MTQ adalah wahana memberikan rangsangan agar lebih gemar, membaca dan mengkaji kandungan wahyu ilahi yang pada gilirannya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Olehnya itu, hendaklah senantiasa menjadikan roh ini sebagai motivasi dalam arena MTQ, sebab sejatinya adalah pelopor dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur Alquranul Karim.

Ia berharap para Murottal Alquran, Qori dan Qoriah, dan juga para tidak hanya fasih dalam melafalkan ayat-ayat Alquran, tetapi fasih pula dalam bertutur dan berperilaku, begitu juga dengan merdunya para Qori dan Qoriah yang tidak hanya merdu indah dalam melantunkan ayat-ayat Alquran, tetapi indah pula dalam pergaulan.

Lomba digelar selama 5 hari sejak 11 hingga 15 Februari 2022 dengan venue utama hotel Vellya Ternate untuk cabang Tilawah Alquran dan Hifzh Quran, kemudian venue dua di Gedung Majelis Dzikir Nurul Hikmah yang diperuntukan untuk mata lomba Fahmil Quran dan Syarhil Quran, dan venue tiga yakni Aula Asrama Haji Ngade Kota Ternate yang dikhususkan untuk mata lomba Khattil Qur’an dan Karya tulis ilmiah.

Kabag Kesra Kota Ternate, Muhammad Ichsan menambahkan, untuk pemenang pertama pada semua mata lomba, nantinya akan mengikuti lomba ditingkat Provinsi mewakili Kota Ternate yang akan dihelat pada tanggal 20 hingga 26 Maret 2022 di Pulau Morotai, Maluku Utara.

“Kafilah di 8 kecamatan harus bertarung dengan baik, dan apa yang telah disampaikan oleh perwakilan Kemenag Kota Ternate, bukan saja syiar Islam yang dicari, namun nilai agama Alquran yang bisa dimanfaatkan untuk generasi muda kita ke depan,” tandas Ichsan.*