Kamis, 13 Juni 2024
SOFIFI  

Dukung Sektor Perikanan dan Kelautan, PLN Kembali Operasikan ALMA di Malut

Pemasangan ALMA di pelabuhan Feri Sidangoli, Halbar, Maluku Utara | Foto : Humas PLN (Kaidahmalut)

SOFIFI, KAIDAH MALUT – PT PLN (Persero) kembali menyediakan Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) di pelabuhan. Kali ini ALMA dipasang tepat di pelabuhan Feri Sidangoli, Halmahera Barat.

Pemasangan ALMA, guna mendukung kegiatan ekonomi di sektor perikanan dan kelautan di Maluku Utara.

“Kini kami telah menghadirkan ALMA, guna pemenuhan kebutuhan listrik pelanggan pada sektor perikanan laut di Halmahera Barat”, kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi, Ridjal Abdul Rasyid melalui rilisnya, Jumat, 13 Mei 2022.

Kehadiran ALMA, menjadi harapan baru di sektor perikanan laut bagi masyarakat Maluku Utara, khususnya yang berada di dataran Halmahera, Kecamatan Jailolo Selatan.

“Terutama aktivitas sektor perikanan laut, sebagai kebutuhan layanan listrik temporer seperti penerangan kapal, keperluan cold storage serta kebutuhan listrik lainnya di lokasi dermaga pelabuhan Feri Sidangoli, hingga Tempat Pelelangan Ikan,” jelas Ridjal.

Menurut Ridjal, pengoperasian ALMA di Pulau Halmahera akan dilanjutkan pada semester dua tahun 2022, di lokasi pelabuhan Feri Galala, Sofifi.

“Tahun 2022 kami targetkan pengoperasian ALMA sebanyak dua unit, karena volume aktivitas di pelabuhan penyebrangan yang cukup tinggi, sehingga ALMA difokuskan di lokasi Sidangoli dan Galala, Sofifi,” tambah Ridjal.

Sementara itu, Humas PT ASDP Cabang Ternate, Robi juga mengapresiasi penyediaan ALMA tersebut. Robi berharap, dengan penyediaan ALMA bisa terus ditambah disemua dermaga, agar semakin banyak memberi manfaat untuk masyarakat dalam kemudahan mendapat layanan listrik yang handal, khususnya di wilayah kerja PT ASDP Cabang Ternate yang juga meliputi Pulau Halmahera.

“Kami menyambut dengan baik ketersediaan ALMA di dermaga Feri Sidangoli, sebagai program PLN Electrifiying Marine. Harapan kami ALMA bisa hadir dan tersedia di seluruh dermaga kami,” harap Robi.

Sekadar diketahui, saat ini sudah ada 17 unit yang tersebar di sejumlah pelabuhan di Maluku dan Maluku Utara. Diantaranya yaitu, 5 unit di Ambon, 4 unit di Maluku Tengah, 3 unit di Ternate, 4 unit di Halmahera Selatan dan 1 unit di Halmahera Barat.*