Jumat, 24 Mei 2024

Puluhan Armada Sampah di Ternate Selatan Tak Dapat Biaya Operasional

Puluhan viar parkir di depan kantor Wali Kota Ternate (Tim/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Puluhan armada sampah roda tiga jenis viar yang beroperasi di Kecamatan Ternate Selatan, mendatangi kantor Wali Kota Ternate, Selasa, 16 April 2024.

Para operator viar itu, melakukan aksi protes terhadap Pemerintah Kota Ternate, lantaran tidak menyediakan anggaran bahan bakar minyak (BBM) untuk operasional.

Satgas Sampah Kelurahan Toboko, Matex, mengatakan kedatangan pihaknya di kantor Wali Kota Ternate untuk menemui wali kota M Tauhid Soleman, untuk menanyakan anggaran operasional BBM armada sampah.

“Kedatangan kami bersama armada pengangkut sampah ini untuk mempertanyakan anggaran BBM. Karena anggaran untuk perbaikan atau perawatan armada di bengkel sudah ditarik kembali oleh Camat Ternate Selatan, Anang Iryanto,” ujarnya.

Selain itu, kuota BBM yang semula 10 liter per Minggu, kini tanpa adanya konfirmasi dari pihak camat lalu diturunkan menjadi 5 liter. Bahkan, alasanya pun belum diketahui.

“Kuota BBM tadinya 10 liter setiap minggu, namun kini dipangkas per 5 liter sejak April 2024. Selain itu, uang perawatan armada pengangkut sampah juga kami yang tanggung, seperti ganti oli dan lainnya,” akunya.

Olehnya itu, mereka meminta ketegasan Wali Kota Ternate terkait anggaran operasional BBM armada sampah. Selain itu, pihaknya juga meminta Camat Ternate Selatan segera dievaluasi.

“Sebenarnya ada 41 armada pengangkut sampah di Ternate Selatan, namun karena yang lainnya kehabisan BBM, sehingga hanya 20 saja dibawa ke kantor wali kota,” tutupnya. (*)