Jumat, 14 Juni 2024

Justy Aldrin Bakal “Hipnotis” Warga Ternate di Malam Apresiasi Sangadji Pangge Pulang

Istimewa (Kaidahmalut)

“Agar berkolaborasi membangun negeri tercinta yang kaya akan potensi dan warisan kebudayaan, baik benda maupun tak benda, tinggalan sejarah di masa lalunya, serta memperkenalkan Sangadji sebagai Kampong Air,” kata Ko Ata sapaan akrab Abubakar Adam.

Ia bilang, Kampung Air di Sangadji bukanlah sebuah slogan semata melainkan, sebuah upaya untuk mengingatkan kita semua akan arti pentingnya melestarikan air, bagi kehidupan manusia termasuk bagi warga kota Ternate.

Ia menceritakan, bahwa, Ake Gaale adalah sebuah kontribusi besar sekaligus aset besar, yang terletak di Kelurahan Sangadji sebagai sumber air utama, untuk pemenuhan kebutuhan air bagi seluruh warga Kota Ternate.

“Perlu kita syukuri dan lestarikan dengan cara menggunakan air sesuai kebutuhan, seraya tidak melakukan pemborosan. Mengingat ketersediaan air saat ini, dengan pertumbuhan populasi penduduk yang pertumbuhannya semakin bertambah dan di saat yang bersamaan, kebutuhaan air menjadi terus meningkat maka adalah menjadi kewajiban bersama, untuk semakin menghemat dalam pemanfaatannya. Sehingga keberlangsungan dan keberlanjutan ketersediaan sumber air bagi generasi di masa akan datang, dapat terpenuhi tanpa harus mengalami krisis air bersih itu sendiri,” ujarnya.

“Dan yang lebih penting serta menarik lagi, bahwa gelaran event ini juga merupakan cara kami warga Sangadji, mengapresiasi serta merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, bersama Manajemen Literasi Digital Provinsi Maluku Utara,” tandas Ata yang pernah menjabat sebagai Dirut PAM Ake Gaale Ternate itu. (*)