Jumat, 24 Mei 2024

Harita Nickel Kembali Beri Dukungan Kepada Atlet Lari Asal Maluku Utara

Atlet Lari asal Maluku Utara, Irwandi Fokatea | Foto : Istimewa/Kaidahmalut

HALSEL, KAIDAH MALUT – Harita Nickel kembali memberikan dukungan kepada salah satu atlet berprestasi asal Maluku Utara, Irwandi Fokatea.

Irwandi Fokatea adalah atlet lari jarak menengah berusia 21 tahun. Kali ini Irwandi menorehkan prestasi di Kejurnas Atletik 2022 yang dilaksanakan sejak 6 hingga 11 Agustus 2022 di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah.

Pada Kejurnas yang dihelat oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) itu, Irwandi meraih posisi juara 2 di kelas 800 meter dan juara 2 di kelas 1.500 meter, pada kategori senior.

Kejurnas Atletik 2022 ini melombakan 124 nomor diikuti 1.500 atlet dari 34 provinsi, dengan kategori U-18, U-20 dan senior.

Sebelumnya pada kejuaraan “Athletics Open Danjen Kopassus Cup” yang digelar di Jakarta 2–5 Juni 2022, dengan dukungan Harita Nickel, Irwandi menorehkan juara 1 pada nomor 1.500 meter putra kategori umum dan juara 2 pada nomor 800 meter putra kategori umum.

Bagi atlet kelahiran Fatce, Kepulauan Sula, Maluku Utara pada 2001 ini, keberhasilannya naik podium di Kejurnas Atletik 2022 melalui dua nomor spesialisasinya tersebut, sangat berarti.

Di Kejurnas ini Irwandi harus bersaing ketat dengan dengan atlet-atlet senior yang lebih berpengalaman. Ada yang menyandang juara PON, bahkan ada juga yang pernah mengikuti Kejuaraan Asia.

“Alhamdulillah, puji syukur di Kejurnas ini saya bisa dapat urutan kedua dari seluruh Indonesia, ini prestasi yang cukup membanggakan buat saya, dan juga saya ucapkan terima kasih karena atas bantuan dari Harita Nickel yang sudah mendukung saya, sehingga bisa ikut bertanding di Kejurnas ini,” kata Irwandi, Minggu, 14 Agustus 2022 di Ternate.

Irwandi mengungkapkan, dengan mendapatkan dukungan dari Harita Nickel saat mengikuti Kejuaraan Nasional 2022 ini, dia dan pelatihnya Bahrin Omamoi bisa mendapat tempat akomodasi yang nyaman, serta dekat dengan tempat pertandingan.

“Dengan seperti ini saya bisa fokus bertanding dan Alhamdulillah bisa menorehkan prestasi kembali,” kata Irwandi.

Irwandi pun berharap pihak Harita Nikcel akan selalu bisa mendukungnya saat ada kejuaraan atletik tingkat nasional ataupun tingkat internasional ke depannya.

“Dari kecil sampai sekarang saya memiliki cita-cita supaya bisa mewakili Indonesia di ajang internasional,” kata dia dengan optimis.

Rasa bangga juga tak dapat disembunyikan oleh Bahrin Omamoi, sang pelatih atas keberhasilan anak asuhnya tersebut.

“Di Kejurnas Atletik 2022 ini Irwandi juara 2 di nomor 800 meter senior dan di nomor 1.500 meter, dengan catatan waktu yang lebih baik dari sebelumnya,” kata Bahrin.

Senada dengan Irwandi, Bahrin pun mengakui bahwa dukungan dari Harita Nickel menjadi salah satu faktor yang membuat semangat Irwandi berkompetisi, lebih keras sehingga perbaikan catatan waktunya pun meningkat cukup tajam.

Pada kejuaraan Athletics Open Danjen Kopassus Cup di nomor 1,500 meter meraih juara 1 dengan catatan waktu 4:11.68. Sedangkan di nomor 800 meter Irwandi meraih juara 2 dengan catatan waku 1:55.92.

“Di Kejurnas Atletik 2022 kemarin Irwandi menorehkan Juara 2 di nomor 1.500 meter dengan catatan waktu 4:05, 57 dan Juara 2 di nomor 800 meter dengan catatan waktu 1:55,90 jadi cukup signifikan perbaikan catatan waktunya,” jelas Bahrin.

Bahrin pun menyatakan rasa terima kasihnya kepada Harita Nickel yang sudah memperhatikan atlet asuhnya tersebut, dengan menanggung seluruh biaya akomodasi, transportasi hingga uang saku. Sebelumnya jika sedang mengikuti kejuaraan atletik di luar daerah, mereka selalu memilih lokasi akomodasi yang apa adanya karena keterbatasan biaya.

“Kami belum pernah merasakan akomodasi yang bagus. Tetapi dengan dukungan Harita Nickel kami bisa mendapatkan akomodasi yang jauh lebih baik, sehingga secara psikologis Irwandi bisa lebih fokus dan lebih tajam konsentrasinya saat bertanding,” ucap Bahrin.

Bahrin mengakui, Irwandi kini sudah mulai bisa dikatakan sejajar dengan atlet-atlet binaan Pelatnas.

“Di level nasional, Irwandi sudah mulai dikenal dan diwaspadai oleh kelompok atlet senior atau atlet-atlet pelatnas. Sebagai contoh, saat kemarin di nomor 1.500 meter ada atlet pelatnas yang enggak mau turun berkompetisi karena ada Irwandi di nomor itu,” terang Bahrin.

Kini Bahrin pun memiliki target jangka pendek untuk Irwandi, yakni agar selalu bisa berkompetisi di kejuaran-kejuaran nasional yang sering diadakan oleh PB PASI.

Hal ini dilakukan agar sang atlet bisa memiliki jam terbang bertanding yang semakin tinggi sehingga bisa memperbaiki catatan waktunya.

“Dengan seperti ini Irwandi bisa lebih siap lagi saat mengikuti event kejuaraan yang lebih besar seperti PON atau bahkan Sea Games,” tambahnya.

“Targetnya Irwandi bisa kembali mewakili Maluku Utara pada PON yang akan datang dan mudah-mudahan setelah PON bisa naik ke level yang lebih tinggi lagi mewakili Indonesia di Kejuaraan Sea Games atau Asian Games,” harap Bahrin.

Head of External Relations Harita Nickel, Stevi Thomas menyambut baik atas prestasi yang kembali ditorehkan Irwandi di Kejurnas Atletik.

Stevi menyatakan Harita Nickel sangat bangga dan terus mendukung Irwandi untuk berprestasi lebih tinggi lagi.

“Semoga dari torehan prestasi Irwandi ini bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi para pemuda di Maluku Utara, sehingga bisa lahir Irwandi-Irwandi lainnya yang berprestasi di bidang olah raga, dan mengharumkan nama Maluku Utara di kancah nasional maupun internaional,” ujar Stevi.

Menurut Stevi, Harita Nickel sebagai perusahaan tambang dan hilirisasi nikel yang beroperasi di Maluku Utara, akan selalu mendukung individu-individu putra daerah yang berprestasi dan mengharumkan nama Maluku Utara.

“Harita Nickel sangat senang sekali bisa mendukung putra daerah Maluku Utara yang memiliki prestasi di tingkat nasional ataupun internasional.
Ini sesuai dengan visi dan misi Harita Nickel, untuk memberikan kontribusi terbaik bagi pemangku kepentingan dan bangsa dalam hal ini putra daerah Maluku Utara,” sambung Stevi. (*)