Jumat, 23 Februari 2024

Halbar Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Musrenbangtan Tingkat Provinsi Malut

Pelaksanaan Musrenbangtan tingkat Provinsi Malut di aula Bidadari, Kantor Bupati Halbar, Rabu (9/3) | Foto : Marwan/Kaidah Malut

HALBAR, KAIDAH MALUT – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian (Musrenbangtan) Provinsi Maluku Utara (Malut) Tahun 2023, resmi dihelat oleh Dinas Pertanian Malut di Halmahera Barat (Halbar) pada Rabu, 09 Maret 2022.

Dalam sambutannya, Bupati Halbar, James Uang menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta Musrenbangtan atas dipilihnya, Halmahera barat sebagai lokasi pelaksanaan Musrenbangtan tingkat Provinsi Malut.

“Semoga dengan kedatangan Bapak dan Ibu dapat memacu semangat seluruh jajaran Pemerintah daerah (Pemda) Halbar, untuk semakin meningkatkan kinerja guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Tentunya hal ini akan berdampak positif terhadap pembangunan sektor pertanian di Halbar dan Maluku Utara pada umumnya,” kata James Uang.

Menurut James, sektor pertanian memilki peranan strategis terutama sebagai penyedia pangan rakyat dan juga sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, pencipta lapangan kerja, pengentasan kemiskinan serta pelestarian lingkungan.

Sejalan dengan strategi pemerintah dalam pembangunan nasional, maka kata James, Kementerian Pertanian (Kementan) RI telah menginisiasi pendekatan kawasan pertanian sejak tahun 2012, dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pertanian Nomor 50 Tahun 2012 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Pertanian.

“Untuk dapat memberikan arah bagi terciptanya sebuah kondisi yang ideal dalam pelaksanaan pembangunan, disektor pertanian maka diperlukan visi yang jelas dan logis, dengan didasarkan pada kondisi dan potensi daerah sehingga kebijakan yang dilakukan benar terstruktur dan terpola,” terangnya.

Lebih lanjut, James menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan saat ini sangat positif. Selain itu, sambung dia, memantapkan pengembangan sektor pertanian tentu juga akan mewujudkan, sinergitas pelaksanaan program dan kegiatan bidang pertanian di tahun mendatang.