Jumat, 23 Februari 2024

Warga Antusias Kehadiran Kapal Tol Laut di Saketa

Sosialisasi kapal tol laut di Desa Saketa | Foto : UPP Babang/Malut Kaidah

HALSEL, KAIDAH MALUT – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Babang melakukan sosialisasi Tol Laut bagi masyarakat di Desa Saketa, pada Senin, 6 Desember 2021.

Sosialisasi berlangsung di Kantor Camat Kecamatan Gane Barat, dan dihadiri warga setempat. Sosialisasi tol laut bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat Gane Barat dan sekitarnya, terkait persetujuan pelabuhan singgah kapal tol laut barang kemasan kontainer di Pelabuhan Babang dan Pelabuhan Saketa.

“Kali ini sosialisasi pemberitahuan ke masyarakat Saketa dan sekitarnya untuk persetujuan penambahan pelabuhan singgah tol laut di pelabuhan Saketa Tahun 2022,” kata Kepala Kantor UPP Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim.

Ia berharap kehadiran kapal tol laut barang dengan kemasan Kontainer ini, bisa membantu kelancaran distribusi barang di Kecamatan Gane Barat, Kecamatan Gane Timur, Kecamatan Gane Barat Utara dan sekitar pelabuhan Saketa.

Olehnya itu, barang pokok dan penting lainnya bisa didatangkan dari Surabaya, termasuk potensi unggulan daerah juga bisa dijual di Surabaya, menggunakan kapal tol laut yang singgah di pelabuhan Saketa.

“Karena rute kapal yang singgah pelabuhan Saketa berpangkal di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,” jelasnya.

Dalam kesempatan sosialisasi itu, masyarakat dan sejumlah pelaku usaha merasa senang dan antusias menyambut hadirnya kapal tol laut barang dengan kemasan kontainer ini. Apalagi ini akan masuk di pelabuhan Saketa. Sebab, selama ini para pelaku usaha memuat barang atau menerima barang melalui pelabuhan Weda.

“Kami senang dengan hadirnya kapal tol laut ini. Semoga ini bisa membawa keberkahan buat kami masyarakat di sini,” ungkap Rahmat salah satu pelaku usaha¬†yang hadir pada sosialisasi itu.*