Jumat, 26 Juli 2024

Wali Kota Ternate Kunker ke Belanda, Rizal: Kolaborasi Global

Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman saat di Belanda (Istimewa/Kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Kepala Bappelitbangda Kota Ternate menyatakan, Wali Kota Ternate, Maluku Utara, M. Tauhid Soleman saat ini tengah bertandang ke Belanda.

Keberangkatan Wali Kota ke negeri kincir angin itu, dalam rangka kunjungan kerja kegiatan Sharing Cities oleh Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang diselenggarakan mulai tanggal 11-20 Mei 2023.

Dalam kunjungan kerja itu, Tauhid didampingi Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ternate, Safia M. Nur, dan Bidang Kerja Sama Internasional, Kantor Urusan Internasional, Universitas Khairun Ternate, Maulana Ibrahim.

Selain Wali Kota Ternate, beberapa kepala daerah dari Indonesia ikut dalam kunjungan kerja tersebut. Mereka adalah Wali Kota Bogor, Bima Arya, dan Walikota Palembang, H. Harnojoyo yang juga sebagai Ketua Presidium JKPI.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, pada kunjungan ini para kepala daerah delegasi Indonesia akan bertukar pikiran dengan Wali Kota Amsterdam maupun Wali Kota Rotterdam.

Mereka juga akan berkunjung dan melakukan penelusuran arsip di Arsip Nasional Belanda serta mengunjungi Universitas Leiden, untuk belajar bersama di berbagai museum sejarah dan kebudayaan yang ada di Belanda.

“Delegasi Indonesia ini juga melaksanakan pameran produk UMKM dari masing-masing kota yang difasilitasi oleh KBRI Den Haag. Kunjungan kerja para kepala daerah ini mendapat dukungan penuh dari KBRI dengan upaya memperkenalkan potensi setiap daerah tersebut kepada para investor,” jelas Rizal, Selasa, 16 Mei 2023.

Untuk pameran produk UMKM, lanjut Rizal, Pemerintah Kota Ternate akan menampilkan berbagai produk berbahan baku rempah dan hasil olahannya sebagai karakter khas produk kepulauan rempah (The Spice Islands).

Tidak hanya beberapa kegiatan tersebut, Wali Kota Ternate juga mendapat kesempatan memberi kuliah umum kepada civitas akademika Universitas Erasmus di Rotterdam, Belanda.

“Dengan bahasan pada upaya memperkuat branding Kota Ternate sebagai Kota Rempah, dengan memanfaatkan potensi lokal tanpa melupakan nilai keberlanjutan dan kelestarian,” jelas Rizal.

Kuliah tamu ini direncanakan berlangsung Rabu, 17 Mei 2023, di Institut Housing Studies, Erasmus University of Rotterdam.

Institut tersebut berfokus pada ilmu perencanaan, ekonomi dan kebijakan kota dan daerah. Mereka juga menawarkan berbagai program kursus-akademik profesional di berbagai bidang pembangunan berkelanjutan.

“Para calon pengambil kebijakan dilatih dan diberi kasus nyata permasalahan yang dialami berbagai kota dan daerah di berbagai penjuru dunia,”timpalnya.

Rizal berharap, dari kunjungan ini kepala daerah delegasi Indonesia termasuk Kota Ternate, dapat bersama-bersama berbagi pemikiran dan solusi atas permasalahan di daerahnya, membuka dan memperluas jejaring serta meningkatkan inovasi atas produk lokalnya maupun berkolaborasi melaksanakan pembangunan di daerah dan lintas daerah secara global.

“Kota Ternate sudah saatnya memperkuat diri dan melakukan berbagai upaya kerjasama global dalam menjawab tantangan masa depan,” ujar Rizal mengakhiri. (*)