Jumat, 24 Mei 2024

Capaian MCP Pemkab Halbar Naik Peringkat ke 5

Bupati Halbar, James Uang saat mendatangani berita acara capaian MCP/Foto : Istimewa (Kaidahmalut)

HALBAR, KAIDAH MALUT – Kepala Inspektorat Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara, Martinus Djawa menyebutkan, capaian Monitoring Centre for Prevention (MCP) untuk Pencairan Kenaikan Sistem Pemerintahan dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemda Halbar peroleh peringkat ke 5 untuk tahun 2021. Peringkat ini dinyatakan naik dari sebelumnya yang berada pada peringkat ke 10 di tahun 2020.

Ini merupakan upaya Pemerintahan James Uang dan Djufri Muhamad (JUJUR) sebagai Bupati dan Wakil Bupati, melalui program JUJUR yakni Benahi DIAHI pengelolaan keuangan daerah. Dengan begitu, harapan Pemda Halbar pada capaian MCP di tahun 2021 naik ke posisi 5.

Selain itu, capaian ini juga adalah hasil kerjasama antara seluruh OPD. Dengan ketegasan Bupati dan Wabup, kata Martinus, bisa menciptakan Pemerintahan yang bersih dari penyalagunaan keuangan daerah.

“Jika keseriusan Bupati dan Wabup tidak dapat ditindaklanjuti oleh pihak Inspektorat maupun OPD setempat, maka hal serupa masih terjadi seperti di tahun 2020,” kata Martinus, Selasa, 29 Maret 2022.

Martinus menambahkan, Pemkab Halbar juga berharap bisa meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2021. Dimana pengumuman penilaian Opini WTP akan dilakukan pada pertengahan tahun 2022.

“Dan ini berlanjut, sehingga di tahun-tahun berikut capaian ini terus ditingkatkan,” tandas Martinus.*