Minggu, 19 Mei 2024
Tikep  

Meriahkan HUT ke-78 RI, Wawali Tidore Ikut Lomba Gerak Jalan Bareng Wartawan

Tim gerak jalan wartawan Tidore yang dipimpin Wawali Tidore (Istimewa/Kaidahmalut)

TIKEP, KAIDAH MALUT – Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen mengikuti lomba gerak jalan, bersama wartawan, pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Kolaborasi orang nomor dua di Pemkot Tikep itu, dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

Bahkan, Wawali juga mengikutsertakan ajudan, sespri dan beberapa ASN Bagian Humas dan Protokoler dalam barisan tersebut.

Dengan menggunakan kostum merah dan celana hitam, barisan yang memiliki yel-yel merdeka dan pancasila itu, tampil dengan nomor peserta ke-4 dari 193 peserta yang ikut lomba.

Amatan media ini, gerak jalan dilepas oleh Wali Kota Tikep Capt. Ali Ibrahim di kawasan Open Space, dan finish di kawasan Pantai Tugulufa.

Usai kegiatan, Muhammad Sinen mengatakan, komposisi tim gerak jalan yang dikoordinatornya itu memang berbeda. Pasalnya, posisi peserta tim tak beraturan seperti barisan peserta lainnya.

Tim yang digadang-gadang masuk 3 besar itu, tidak memprioritaskan ukuran tinggi badan. Sebab, menurut Wawali, yang dibutuhkan dalam suatu kerja keras tim yakni kekompakan.

“Komposisinya di tim kami ini berbeda, karena ada yang tinggi di tengah bahkan di belakang dan yang pendek ada juga di depan, tengah maupun belakang. Ini semua punya filosofi,” kata Wawali Tikep yang akrab disapa Ayah Erik.

Ayah Erik menjelaskan soal filosofi tim gerak jalannya itu, yakni mencerminkan perjuangan sama halnya merebut kemerdekaan, yang dilakukan oleh para pejuang.

Karena, lanjut dia, dalam merebut kemerdekaan, para pejuang yang berperang itu tidak ditempatkan berdasarkan ukuran tinggi badan.

“Bahwa, yang tinggi harus di depan dan yang pendek di belakang. Itu tidak,” jelasnya.

“Filosofi tim kami ini merefleksikan perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Orang yang tinggi maupun pendek sama-sama berjuang di depan, untuk merebut kemerdekaan. Jadi, komposisi tim kami ini punya arti dan makna tersendiri,” tambah Ayah Erik yang juga selaku Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku Utara.

Ayah Erik berharap, melalui peringatan HUT RI, para generasi muda di Kota Tidore Kepulauan dapat mengambil spirit perjuangan para pahlawan-pahlawan bangsa, dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Di momentum ini, saya harap agar semangat dari para pahlawan bangsa bisa diambil oleh generasi-generasi muda, di Kota Tidore dalam membangun daerah,” pungkasnya. (*)