Sabtu, 18 Mei 2024
Tikep  

Sultan Tidore Siap Bertarung di Pilgub Maluku Utara

Sultan Tidore, Husain Alting Sjah (Ist/kaidahmalut)

TERNATE, KAIDAH MALUT – Sultan Tidore Husain Alting Syah, menyatakan diri untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Maluku Utara (Malut) November 2024, mendatang.

Pernyataan sikap itu dilakukan Sultan, lantaran telah membangun komunikasi politik dengan sejumlah partai, termasuk Golkar, Gerindra, PDIP, dan NasDem.

“Untuk Pilgub, saya telah membangun komunikasi dengan partai-partai, kami banyak berdiskusi tentang visi dan misi Malut ke depan. Sejumlah partai bahkan memberikan sinyal untuk mendukungn pada Pilgub Malut nanti,” kata Sultan, Ahad, 31 Maret 2023 di Royal Resto Ternate.

Koordinasi dengan sejumlah partai telah dibangun beberapa waktu lalu, bahkan ada beberapa partai berencana untuk mengusung Sultan sebagai bakal calon gubernur Malut.

Meskipun demikian, kata Sultan, komunikasi yang dibangun masih dalam tahap awal, selanjutnya akan diputuskan oleh partai. Sebab, banyak figur lain yang juga mendekati beberapa partai yang tengah berkomunikasi dengannya.

“Meskipun masih enam bulan lagi, namun saya yakin untuk maju pada Pilgub,” tuturnya.

Walau begitu, belum ada rekomendasi dari partai yang telah membangun koordinasi. Namun, ia berpotensi mendapatkan rekomendasi untuk maju pada Pilgub Malut karena sejumlah partai berniat mengusungnya.

“Niat untuk maju pada Pilgub sudah saya matangkan, nanti partai yang menilai apakah layak atau tidak mendapatkan rekomendasinya, itu diserahkan kepada mereka,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sultan Tidore menyatakan bahwa calon wakil gubernur yang akan bersamanya pada Pilgub Malut belum dipastikan, hanya saja ia terbuka untuk sejumlah tokoh partai yang siap maju bersamanya pada Pilgub.

“Saya terbuka dengan siapa pun yang mau maju bersama saya, yang terpenting adalah adanya kesamaan visi untuk Malut yang lebih baik,” tegasnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Malut, Achmad Hatari, pernah membuat pernyataan melirik sejumlah tokoh Malut yang berpotensi maju pada Pilgub, salah satunya adalah Sultan Tidore Husain Alting Syah.

Begitupun dengan DPD Golkar Alien Mus yang juga menyatakan bahwa Sultan Tidore masuk dalam salah satu calon potensial partainya. Bahkan Gerindra juga melirik Sultan Tidore sebagai figur potensial. (*)