Sabtu, 18 Mei 2024
Tikep  

Harnus 2023, Pemkot Tidore Gelar Seminar Nasional Jalur Rempah

Seminar Nasional Jalur Rempah di Tidore (Humas/Kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan resmi menggelar Seminar Nasional Jalur Rempah. Seminar merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Nusantara.

Kegiatan berlangsung di Aula Nuku Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Senin 11 Desember 2023 dengan menghadirkan Dosen Sejarah FIB Unkhair Ternate Drs Nani Djafar, Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Provinsi Maluku Utara dan Peneliti Jalur Rempah Maulana Ibrahim P,Hd sebagai narasumber.

Jalur rempah memiliki peran yang besar dalam perkembangan beragam pengetahuan dan kebudayaan. Tentu saja, hal itu pula memiliki pengaruh kuat untuk warisan nusantara dan juga untuk dunia.

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim saat membuka seminar mengatakan, sejak dulu negeri Tidore sudah dikenal sebagai negeri yang kaya, sehingga menjadi sebuah daya tarik bagi bangsa Eropa untuk datang.

Namun sebelum itu, lanjut dia, nusantara juga telah dikenal menjadi bagian dari jalur rempah yang menghubungkan beberapa negara di dunia menjadi sebuah jalur perdagangan internasional, sehingga ini menjadi pemantik masyarakat Eropa untuk mencari lebih dekat sumber rempah, di mana bangsa Spanyol yang dipimpin oleh Magelhaens dan Juan Sebastian Elcano, berhasil menambatkan kapal ekpedisinya di Pulau Tidore dan menjadi sebuah perjalanan pertama yang membuktikan bahwa bumi itu bulat.

“Setelah beberapa waktu, juga berhasil membawa 27,3 ton cengkeh ke Eropa yang menandai bahwa Tidore, pada tanggal 11 Desember tahun 1521, berhasil melakukan impor pertama dengan jumlah yang fantastis di masa itu, serta mengacu pada tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Rempah Nasional di Republik Indonesia, di mana hari ini, kita memperingati Hari Rempah Nasional di Tidore, tanah yang bersejarah dalam rangkaian kegiatan Hari Nusantara 2023,” ungkap Ali.

Menurutnya, Tidore merupakan kepulauan kecil namun kekuasaan dan pengaruhnya cukup luas, serta dengan sejarahnya yang kuat Tidore memiliki cukup andil dalam menjaga keutuhan NKRI.