Minggu, 19 Mei 2024
Tikep  

Pemkot Tidore Dapat Bantuan 40 Penerang Jalan Umum Tenaga Surya

Penandatanganan berita acara serah terima bantuan (Ist/Kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, resmi menyerahkan 40 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo yang menerima bantuan tersebut, yang dilakukan secara simbolis di ruang rapat Sekda, Selasa 05 Desember 2023.

Penyerahan naskah hibah barang milik negara pada Satker Dirjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral beserta berita acaranya, diserahkan oleh Kepala Sub Direktorat Pengawasan Pembangunan Infrastruktur, Agung Feinnudin.

Agung Feinnudin dalam kesempatan tersebut menyampaikan, terima kasih karena proyek PJUTS tahun 2019 di Kota Tidore Kepulauan, akhirnya bisa diserahkan kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, sebagai aset milik Pemda yang sebelumnya dalam kondisi rusak, namun telah diperbaiki untuk mendukung Hari Nusantara Tahun 2023.

“Mewakili pimpinan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, kami menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan, sebelumnya 40 unit PJUTS ini merupakan proyek kami di TA 2019, dan memang ini kolaborasi antar semua termasuk Dishub Tidore dan Ditjen Listrik. Aset PJUTS Tahun Anggaran 2019 ini akan kami serahkan sekarang,” kata Agung.

Sebelumnya aset ini dalam kondisi sedang rusak. Tetapi pada prinsipnya, kata Agung, PJUTS ini sudah tidak lagi di-cover oleh penyedia, karena sudah selesai masa garansinya.

Namun, dalam mendukung suksesnya Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan, pihaknya mencoba melobi ke penyedia untuk melakukan perbaikan.

“Kami sudah melakukan perbaikan, agar bisa terang pada Hari Nusantara Tahun 2023, ada 40 batrei, yang 7 di antaranya dapat dijadikan serep, jika ada yang rusak bisa digunakan. Kami berharap setelah PJUTS 2019 ini kami serahterimakan ke Pemda, Insya Allah ke depannya ada proyek lagi, kami akan berkoordinasi lagi, termasuk PLTS Rooftop, yang tahun kemarin kami sudah membangun 114 PLTS Rooftop dibeberapa pemda,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo dalam kesempatan tersebut menyampaikan, terima kasih atas bantuan tersebut.

Dengan bantuan penerangan tersebut, Ismail berharap perhelatan Hari Nusantara dapat berjalan lancar dan sukses.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Kemenhub RI, bahwa selesai Hari Nusantara Tahun 2023, harus ada yang ditinggalkan untuk Kota Tidore Kepulauan. Untuk itu merespons bantuan PLTS Rooftop yang disampaikan tadi, kami sangat berharap pasca Hari Nusantara, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dapat melakukan koordinasi lebih lanjut terkait PLTS Rooftop tersebut,” tukasnya. (*)