Sabtu, 18 Mei 2024
Tikep  

FMTI 2023 Dihelat Selama 2 Hari, Tidore Jadi Tuan Rumah

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Daud Muhammad didampingi Ketua Panitia FTMI 2023 (Nita/Kaidahmalut)

TIDORE, KAIDAH MALUT – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tidore Kepulauan akan menggelar, Festival Musik Tradisi Indonesia (FMTI) pada 1-2 Desember 2023.

Festival ini merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, yang bertajuk “Pesta Budaya Pulau-pulau Rempah”.

Di tahun ini, Tidore Kepulauan kembali dipercayakan menjadi tuan rumah perhelatan, yang dipusatkan di kawasan wisata Pantai Tugulufa.

Kegiatan rutin pempus ini, sebagai upaya untuk memperkuat ekosistem musik tradisi Indonesia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan Daud Muhammad mengatakan, agenda ini merupakan media kolaborasi antara anak-anak muda pecinta musik tradisi, dan penggiat seni budaya lokal untuk membangun kecintaan generasi muda terhadap identitas budayanya.

“FMTI 2023 juga rencananya akan dihadiri langsung, oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI Hilmar Farid dan Direktur Perfiliman Musik dan Media Ahmad Mahendra,” kata Daud Muhammad saat konferensi pers, Selasa 28 November 2023.

Daud bilang, FMTI 2023-Marasante 2.0 yang dilaksanakan kali ini merupakan agenda tahun kedua yang dilaksanakan oleh Direktorat Perfiliman Musik dan Media, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek RI dan didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan.